ANDRIYANTO, GURIT (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERIUS PADA TEMA V CUACA DAN SUBTEMA 1 SISWA KELAS III SDN 3 RINGINPITU KECAMATAN TANGGUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
GURIT ANDRIYANTO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
GURIT ANDRIYANTO. NPM 17120132. “Pengembangan Media Kotak Kartu
Misterius Pada Tema 5 Cuaca dan Subtema 1 Siswa Kelas III SDN 3 Ringinpitu
Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr.
Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II Rofian, S.Pd., M.Pd. 2021.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti
dengan guru kelas III didapatkan permasalahan yaitu guru merasa kesulitan
membuat media pembelajaran yang menarik bagi anak terutama media
pembelajaran berbasis kontekstual yang menarik. Selama ini dalam proses
pembelajaran, siswa belum bisa menangkap materi dengan jelas, hal tersebut
disebabkan kurangnya sumber belajar dan media yang relevan, sehingga materi
yang diterima siswa masih bersifat abstrak.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana ketersediaan
media pembelajaran di SD Negeri 3 Ringinpitu?, 2) Bagaimana langkah-langkah
pengembangan media kotak kartu misterius pada tema 5 subtema 1 kelas III SDN
3 Ringinpitu Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan?, 3) Bagaimana
kelayakan media kotak kartu misterius pada tema 5 subtema 1 kelas III SDN 3
Ringinpitu Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan?
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research
and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu
dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan media kotak
kartu misterius sampai pada tahap uji keefektifan media. Penelitian dan
pengembangan media ini dilaksanakan di SDN 3 Ringinpitu.
Hasil analisis ketersediaan media pembelajaran disekolah dasar yang
diperoleh dari lembar observasi, wawancara dan lembar angket. Ditemukan bahwa
guru merasa kesulitan dalam membuat media pembelajaran kontekstual yang
menarik, kurang tersedia media pembelajaran yang dapat memberikan
pemahaman kepada peserta didik dan peran media sangat penting untuk
membantu guru dalam menyampaikan materi. Hasil analisis angket ketiga ahli
materi menunjukan rata-rata presentase 96,6% dengan kategori “sangat baik”.
Sedangkan hasil dari ketiga ahli media menunjukkan rata-rata presentase 94%
dengan kategori “sangat baik”. Hasil angket penilaian ketiga guru kelas III
mendapatkan rata-rata presentase 96,6% dan angket tanggapan siswa yang
berjumlah 15 menunjukan presentase 98,6% dengan kategori “sangat baik”. Hal
ini dapat disimpulkan media yang dikembangkan termasuk dalam kategori
“sangat baik” dan “sangat layak” untuk digunakan dalam pembelajaran tematik
kelas III tema 5 cuaca subtema 1.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
media pembelajaran kotak kartu misterius pada tema 5 subtema 1 siswa kelas III
dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dan perlu adanya
pengembangan lebih lanjut. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan media yang
lebih berkualitas dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:53 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:53 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5712 |