ERMAYANTI, WITA (2021) REVITALISASI TEMBANG DOLANAN TERHADAP PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENERAPANNYA DI SD NEGERI BATURSARI 06 MRANGGEN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI Wita Ermayanti.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
WITA ERMAYANTI. NPM 17120071. ―Revitalisasi Tembang Dolanan
Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter dan Penerapannya di SD Negeri
Batursari 06 Mranggen‖, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Ari Widyaningrum S.Pd..
M.Pd., Mira Azizah, S.Pd., M.Pd., Mei, 2021.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini berdasarkan hasil
wawancara yang dilakukan kepada Ibu Nurdasih, S.Pd., SD guru kelas II A SD
Negeri Batursari 06 Mranggen, beliau mengatakan bahwa tembang dolanan perlu
dilakukan revitalisasi untuk penguatan pendidikan karakter sekolah dasar dengan
penyampaiannya bisa melalui youtube, power point supaya anak lebih tertatik dan
memahami.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana revitalisasi tembang dolanan
terhadap penguatan pendidikan karakter siswa di SD Negeri Batursari 06
Mranggen?, 2) Bagaimana penerapan nilai karakter dalam tembang dolanan di SD
Negeri Batursari 06 Mranggen? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan revitalisasi tembang dolanan terhadap penguatan
pendidikan karakter siswa di SD Negeri Batursari 06 Mranggen dan
mendeskripsikan penerapan nilai karakter dalam tembang dolanan di SD Negeri
Batursari 06 Mranggen.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subyek
penelitian ini kepala sekolah, guru kelas II A, budayawan, dan siswa kelas II A
SD Negeri Batursari 06 Mranggen. Teknik pengumpulan data berasal dari
observasi, wawancara, dan angket/kuesioner.
Hasil analisis dan pembahasan dari data yang diperoleh bahwa 1)
revitalisasi tembang dolanan terhadap penguatan pendidikan Karakter di SD
Negeri Batursari 06 sudah melakukan revitalisasi dengan kegiatan representasi,
reformasi dan reorientasi. Sehingga dengan representasi, reformasi, dan
reorientasi ini anak menjadi lebih tertarik dalam mempelajari dan memahami
tembang dolanan. (2) penerapan nilai karakter dalam tembang dolanan di SD
Negeri Batursari 06 Mranggen sudah mencapai kriteria baik dalam memahami
nilai karakter dalam tembang dolanan. Dengan memahami nilai karakter religius,
tanggung jawab, disiplin, kerja keras dan pantang menyerah yang terkandung
dalam tembang dolanan Jaranan dan Gundul-Gundul Pacul. Melaui pembelajaran
tembang dolanan diharapkan anak akan tumbuh menjadi manusia yang berbudaya,
memiliki sopan santun, berbudi pekerti luhur, mandiri, mampu mengembangkan
diri dengan potensi yang dimiliki, mengekspresikan pikiran dan perasaaannya,
memiliki wawasan yang luas, berkarakter kuat, dan mampu berpikir kritis,
sehingga peka terhadap masalah sosial yang ada disekitarnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
semoga penelitian ini dapat diteruskan terhadap peneliti selanjutnya untuk
mendapatkan hasil yang lebih baik tentunya.
Kata Kunci: Revitalisasi, Tembang Dolanan, Penguatan Pendidikan Katarter
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:47 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5706 |