Pratama, Gilang Aditya (2021) ANALISIS NILAI KARAKTER YANG TERDAPAT DALAM FILM UPIN DAN IPIN PADA KEHIDUPAN SEHARI-HARI ANAK SD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Gilang Aditya Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
GILANG ADITYA PRATAMA. NPM 17120048. “Analisis Nilai Karakter yang
Terdapat Dalam Film Upin dan Ipin Pada Kehidupan Sehari-hari Anak SD”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2021. Pembimbing I Prof. Dr. A.Y.
Soegeng Ysh., M. Pd. dan Pembimbing II Sukamto, S.Pd., M.Pd.
Banyak pengaruh yang ditimbulkan dari menonton film Upin dan Ipin,
mulai dari pesan moral yang mendidik hingga meniru bahasa yang terdapat pada
film tersebut yaitu bahasa Melayu. Ketika siswa menonton film Upin dan Ipin
apakah akan merubah perkembangan karakternya menjadi lebih baik atau
kebalikanya.
Nilai-nilai karakter apa yang terkandung dalam film Upin dan Ipin episode
Taman Riang adalah rumusan masalah yang diteliti. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk menganalisis nilai-nilai karakter pada film Upin dan Ipin episode
Taman Riang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode
deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, simak, catat,
dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi.
Teknik analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display,
dan conclusion drawing /verification. Teknik penyajian data disajikan dalam
bentuk tabel.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, maka ditemukan nilai
karakter pada setiap adegan film Upin dan Ipin. Nilai karakter yang ditemukan
dalam film Upin dan Ipin episode “Taman Riang” antara lain religius, kerja sama,
kerja keras, jujur, peduli sosial, rasa ingin tahu, toleransi, menghargai prestasi,
komunikatif/bersahabat dan iri. Nilai karakter yang paling dominan pada film
“Upin dan Ipin episode Taman Riang” ialah nilai karakter religius.
Saran dalam penelitian ini diharapkan guru dapat memberikan
pengetahuan dan pengarahan tentang pentingnya pendidikan karakter, khususnya
melalui media film Upin dan Ipin. Guru juga dapat menjelaskan dampak positif
dan dampak negatif saat menonton film Upin dan Ipin dan guru memberikan
pengarahan nilai karakter apa saja yang dapat dicontoh siswa untuk mengamalkan
nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:42 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5703 |