UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN DIRI PADA KELOMPOK A DI TK PGRI 64 SEMARANG

SUNDARI, ANI (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN DIRI PADA KELOMPOK A DI TK PGRI 64 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ANI SUNDARI.pdf] Text
ANI SUNDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ani Sundari. NPM 19156167 “Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial
Emosional Melalui Program Pembiasaan Diri Pada Anak Kelompok A Di
TK PGRI 64 Semarang Tahun Pelajaran 2020/ 2021”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Dosen Pembimbing I, Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd. Dosen Pembimbing II
Dwi Prasetiyawati DH., S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengembangan kemampuan sosial emosional anak usia 4-5 tahun kelompok A
melalui program pembiasaan diri yang ada di TK PGRI 64 Semarang. Penelitian
ini bermaksu duntuk mengetahui hubungan antara pengembangan kemampuan
social emosional anak dengan penerapan program pembiasaan diri yang
diharapkan anak dapat memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap
aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan penggumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
sebanyak 17 anak Kelompok A di TK PGRI 64 Semarang Semester II Tahun
Pelajaran 2020/ 2021. Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik dua siklus
diperoleh hasil peningkatan kemampuan social emosional anak pada siklus I dengan
hasil rata-rata sebesar 60% dan siklus II ada peningkatan yang signifikan menjadi
90% indikator kerja tercapai. Hasil hipotesis yang berbunyi kemampuan meningkat
sosial emosional anak melalui program pembiasaan diripada anak Kelompok A di TK
PGRI 64 Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan sosialemosional anak dapat
ditingkatkan melalui program pembiasaan diri yang diterapkan secara konsisten
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
guru lebih disiplindankonsisten dalam menerapkan programpembiasaandiri .
Selain itu hendaknya orang tua memantau perkembangan anak khususnya
perkembangan social emosionalanak.
Kata Kunci : Perkembangan Sosial Emosional, Program Pembiasaan Diri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:37
Last Modified: 21 Oct 2024 02:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5699

Actions (login required)

View Item
View Item