UNSUR INTRINSIK NOVEL BIDADARI BERBISIK KARYA ASMA NADIA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR ANALISIS NOVEL DI SMA

PRATIWI, VIRDA EKA (2021) UNSUR INTRINSIK NOVEL BIDADARI BERBISIK KARYA ASMA NADIA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR ANALISIS NOVEL DI SMA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi Virda Eka Pratiwi 16410150.pdf] Text
Skripsi Virda Eka Pratiwi 16410150.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Virda Eka Pratiwi. 16410150. “Unsur Intrinsik Novel Bidadari Berbisik
Karya Asma Nadia sebagai Alternatif Bahan Ajar Analisis Novel di SMA”.
Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Semarang.
Dosen Pembimbing I Dr. Sri Suciati, M.Hum. Dosen Pembimbing II Pipit Mugi
Handayani, S.S., M.A.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang masih mengandalkan materi
dari buku paket untuk pembelajaran sastra di SMA. Guru pun belum begitu
mengenalkan karya sastra kepada peserta didik. Akibatnya, tidak adanya variasi
bahan ajar dan peserta didik mudah bosan dengan pembelajaran. Maka dari itu,
ditawarkan solusi berupa penggunaan novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia
sebagai alternatif bahan ajar analisis novel.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah unsur
intrinsik novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia? 2) bagimanakah relevansi
novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia sebagai alternatif bahan ajar analisis
novel di SMA? Adapun tujuan penelitian ini untuk 1) mendeskripsi unsur intrinsik
novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia dan 2) mendeskripsi relevansi novel
Bidadari Berbisik karya Asma Nadia sebagai alternatif bahan ajar analisis novel
di SMA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Data penelitian ini berupa kata, frasa, atau kalimat yang mengindikasikan adanya
unsur intrinsik dan kriteria novel sebagai bahan ajar (aspek bahasa, psikologi,
latar belakang budaya) yang diperoleh dengan menggunakan teknik baca dan
catat. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik deskripsi analisis dan
selanjutnya disajikan secara deskriptif.
Dari analisis data yang dilakukan, dapat diketahui bahwa Novel Bidadari
Berbisik karya Asma Nadia mengungkap tema perjuangan untuk mendapat
kebenaran; ada 2 tokoh utama dan 24 tokoh tambahan; karakter tokoh, yaitu
berani, tanggung jawab, dll.; novel mengambil latar tempat Kota Tegal dan
Jakarta, latar waktu setelah tahun 2000-an, dan latar suasana yang dominan, yaitu
menyedihkan, menegangkan, dan mengerikan; menggunakan alur campuran;
menggunakan sudut pandang persona ketiga; mengandung dua amanat, yaitu
kebenaran pasti akan terungkap dan semua perbuatan pasti ada konsekuensinya;
serta gaya bahasa yang ditemukan beragam, yang paling dominan adalah
hiperbola dan personifikasi. Dengan demikian, novel Bidadari Berbisik karya
Asma Nadia dinilai relevan untuk dijadikan sebagai alternatif bahan ajar bagi
peserta didik kelas XII SMA karena analisis unsur intrinsik sesuai dengan
tuntutan KD 3.9 pada pembelajaran analisis novel kelas XII dan kriteria pemilihan
bahan ajar sastra, yaitu aspek bahasa, psikologi, serta latar belakang budaya. Saran
yang perlu penulis sampaikan adalah pentingnya penggunaan karya sastra (novel)
pada pembelajaran sastra sebagai alternatif bahan ajar agar peserta didik terbiasa
untuk membaca dan dapat mengapresiasi karya sastra.
Kata kunci: unsur intrinsik, novel, bahan ajar analisis novel

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:31
Last Modified: 21 Oct 2024 02:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5692

Actions (login required)

View Item
View Item