HAZ, GIGIH SANDISTYA (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN PERAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN TANJUNGANOM 02 GABUS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
GIGIH SANDISTYA HAZ.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
GIGIH SANDISTYA HAZ. NPM 14120008. “Pengaruh Pendidikan
Karakter Dan Peran Orang tua Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sdn
Tanjunganom 02 Gabus Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing 1 Sukamto, S.Pd. M.Pd. Pembimbing 2 Ervina Eka
Subekti, S.Si, M.Pd. Desember 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak siswa
yang memiliki karakter yang kurang baik seperti kurang disiplin, susah
memusatkan perhatian, dan sering terlambat dalam mengumpulkan tugas,
meskipun nilai ulangan hariannya telah mencapai KKM. Hal ini membuat para
guru prihatin karena di sekolah telah diintegrasikan pendidikan karakter seperti
yang termuat dalam kurikulum. Sedangkan waktu anak sebagian besar adalah
berada di rumah atau di luar sekolah sehingga memunculkan masalah tentang
bagaimana orangtua berperan dalam pendidikan karakter anak.
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah pendidikan karakter
dan peran orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar di SDN Tanjunganom
02 Gabus Kabupaten Pati. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh pendidikan karakter dan peran orang tua berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
korelasional. Pengambilan sampel menggunakan non probability (sensus)
sebanyak 73 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner,
dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif, dan
statistik inferensial dengan regresi linear berganda.
Dari hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan kinerjaY = -
4,763 +0,896X1 + 0,294X2. Dari hasil analisas regresi berganda terlihat bahwa
variable pendidikan karakter mempunyai nilai yang lebih besar dalam
mempengaruhi hasil belajar. Dari hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu
83,308 > 2,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variable pendidikan karakter,
dan peran orangtua secara serentak dan signifikan berpengaruh terhadap hasil
belajar siswa di SD Tanjunganom 02 Gabus. Dari hasil uji t dapat disimpulkan
bahwa variable pendidikan karakter mempunyai pengaruh signifikan terhadap
hasil belajar, peran orangtua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar
dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis koefisien determinasi sebesar
0,704atau 70,4% variable pendidikan karakter, dan peran orangtua dapat
menerangkan variasi variable hasil belajar, sedangkan sisanya 29,6%
dijelaskan oleh variable lain di luar penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah,
supaya pendidikan karakter dan peran orang tua dapat dilibatkan dalam proses
belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:29 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5689 |