PURYATI, ANGGITA YULI (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA KELAS IV SD NEGERI TEMPALING REMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ANGGITA YULI PURYATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
ANGGITA YULI PURYATI. NPM 16120477. ”Analisis Kesulitan Siswa Dalam
Menceritakan Kembali Isi Cerita Kelas IV SD N Tempaling Rembang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2020. M. Arief Budiman, M.Hum dan Ikha Listyarini,
S.Pd, M.Hum. Desember 2020.
Kemampuan menceritakan kembali isi cerita peserta didik banyak yang
mengalami kesulitan, umumnya kesulitan yang dialami peserta didik disebabkan
oleh pemahaman bahasa siswa yang kurang sehingga bacaan yang dibaca tidak bisa
masuk dengan baik. Kesulitan yang dialami eserta didik menjadi daya Tarik bagi
peneliti untuk mengetahui lebih lanjut.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah analisis kesulitan siswa dalam
menceritakan kembali isi cerita kelas IV SD N Tempaling? Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan- kesulitan apa saja
yang sering dialami siswa dalam menceritakan kembali isi cerita kelas IV SD N
Tempaling Rembang.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah
kepala sekolah, guru, dan siswa SD Negeri Tempaling. Objek penelitian ini adalah
analisis kesulitan siswa dalam menceritakan kembali isi ceritakelas IV SD N
Tempaling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa
observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik
analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan
kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian dalam pembahasan yang telah diuraikan diatas
dari hasil wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi dapat disimpulkan
bahwa kesulitan siswa dalam menceritakan kembali isi cerita yang terjadi dikelas
IV SD N Tempaling Rembang meliputi : (a) pemahaman bahasa siswa rendah, (b)
siswa tidak mengetahui unsur intrinsik dan extrinsik, (c) siswa tidak mampu
memceritakan kembali isi cerita yang telah dibaca, (d) proses belajar mengajar guru
yang diterapkan, (e) siswa kurang fokus dalam pembelajaran dan (f) respon dari
siswa yang kurang menyebabkan kesulitan belajar. Dan faktor yang mmpengaruhi
kesulitan belajar siswa dalam menceritakan kembali isi cerita terdiri dari faktor
internal dan faktor external. Faktor internal berasal dari dalam diri siswa, meliputi
: (a)kognitif (ranah pengetahuan) , (b) afektif ( ranah sikap), (c) psikomotor (ranah
ketrampilan). Sedangkan faktor external muncul dari luar diri siswa meliputi : (a)
lingkungan keluarga, (b) lingkungan masyarakat, (c) lingkungan sekolah.
Kata Kunci: Analisis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:27 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5688 |