PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMI KELAS IV SD N 3 BANJARSARI

LARASSANTI, ANGGITA (2021) PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMI KELAS IV SD N 3 BANJARSARI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ANGGITA LARASSANTI.pdf] Text
ANGGITA LARASSANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ANGGITA LARASSANTI. NPM 17120072. “ Pengaruh Proses Pembelajaran
Online Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Masa Pandemi Kelas IV Di SD N
3 Banjarsari”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang , Dosen Pembimbing I M.Arief
Budiman S. S.,M.Hum. Dosen Pembimbing II Aries Tika Damayani, S.Pd.,M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah pengaruh proses pembelajaran
online pada mata pelajaran bahasa inggris bagi guru, siswa, orang tua, dan
prosesnya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pengaruh proses
pembelajaran online pada mata pelajaran bahasa inggris di masa pandemi kela IV
di SD N 3 Banjarsari?.Tujuan yang hendak di capai pada penelitian ini adalah
untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa inggris kelas IV di SD N 3
Banjarsari di masa pandemi bagi guru, siswa, orang tua.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif , sumber data dalam
penelitian ini diperoleh melalui wawancara, kuisioner,dan dokumentasi dari
narasumber yang terpercaya yaitu kepala sekolah,guru mapel bahasa inggris,
siswa dan orang tua siswa SD N 3 Banjarsari. Dalam penelitian ini menggunakan
uji keabsahan data dengan menggunakan tehnik triangulasi data. Dalam penelitian
ini menggunakan metode Miles and Huberman yaitu antara lain reduksi data,
penyajian data, dan conclusion drawing.
Hasil analisis pengaruh proses pembelajaran online pada mata pelajaran
bahasa inggris yaitu memiliki beberapa pengaruh untuk guru,siswa,dan orang tua.
Pengaruh untuk guru pada proses pembelajaran daring dan luring adalah pada
pembelajaran daring guru dibuat sibuk untuk menyiasati pelaksanaan
pembelajaran yang efektif bagi peserta didik . lalu pengaruh bagi siswa pada hasil
belajar yaitu nilai rata –rata pembelajaran daring dan luring didapat hasil pada
pembelajaran luring nilai rata-rata siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa
inggris adalah 91,selanjutnya pada nilai pembelajaran daring nilai rata- rata siswa
yaitu 79,31. Lalu pengaruh bagi orang tua yaitu tugas orang tua menjadi
bertambah karena harus mendampingi anak saat proses pembelajaran berlngsung.
Kesimpulanya bahwa proses pembelajaran online pada mata pelajaran
bahasa inggris dimasa pandemi berpengaruh bagi guru,siswa,orang tua siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru
hendaknya dapat mengembangkan pembelajaran yang dapat membuat kondisi
belajar efektif dan lebih berinovasi,sedangkan sekolah hendaknya lebih
memfasilitasi guru dalam pelaksanaan pembelajaran terutama pada pembelajaran
daring, dan guru dapat memberikan motivasi kepada siswa pada saat
pembelajaran agar siswa tetap memiliki semangat yang tinggi walaupun dilakukan
secara daring.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:25
Last Modified: 21 Oct 2024 02:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5683

Actions (login required)

View Item
View Item