PRATIWI, ULVA NUR (2021) DAMPAK PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA KELAS V SD NEGERI WONOMERTO 01 BATANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI ULVA NUR PRATIWI 17120022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
ULVA NUR PRATIWI, NPM 17120022 “Dampak Pembelajaran Daring
selama Pandemi Covid-19 terhadap Kesehatan Mental Siswa Kelas V di SD
Negeri Wonomerto 01 Batang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2021.
Rumusan
masalah
dalam
penelitian
ini
bagaimanakah
dampak
pembelajaran daring selama pandemi covid-19 terhadap kesehatan mental siswa
kelas V SD Negeri Wonomerto 01 Batang. Penelitian menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan persentase. Subyek dalam penelitian
ini adalah kepala sekolah, guru, siswa kelas V, dan orang tua siswa kelas V.
Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data yaitu kuesioner/angket,
wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data kuesioner/angket siswa kelas V di SD
Negeri Wonomerto 01 Batang menyatakan bahwa persentase dampak
pembelajaran daring pada kesehatan mental fisik adalah 73 %, dengan indikator
tertinggi adalah sakit pusing, kelelahan, dan gelisah berkepanjangan. Sedangkan
persentase dampak pembelajaran daring terhadap kesehatan mental psikis adalah
52,9 % dengan indikator tertinggi yaitu merasa cemas dan tidak percaya diri.
Persentase dampak pembelajaran daring terhadap kesehatan mental sosial adalah
59,3 % dengan indikator tertinggi yaitu tidak memiliki rasa peduli kepada orang
lain, tidak bisa menyesuaikan keadaan, dan suka menyendiri. Persentase dampak
pembelajaran daring terhadap kesehatan mental moral-religius adalah 50,7 %
dengan indikator tertinggi yaitu tidak berdoa sebelum melakukan pembelajaran,
mudah putus asa, dan tidak mampu mempertanggung jawabkan apa yang telah
dilakukan.
Berdasarkan hasil analisis wawancara dari guru di SD Negeri Wonomerto
01 Batang diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi terjadinya gangguan
kesehatan mental yaitu faktor biologis, psikis, kebutuhan, lingkungan sosial, dan
interaksi manusia dengan lingkungannya.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diajukan
dalam penelitian ini adalah guru harus menciptakan pembelajaran daring yang
kreatif dan inovatif sehingga siswa tertarik dan bersemangat, dan bagi orang tua
siswa yaitu dapat memberikan perhatian yang khusus dan kasih sayang terhadap
anaknya.
Kata Kunci: Analisis, Perilaku, Kesehatan Mental, Pembelajaran Daring.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:24 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5682 |