PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TEMA 7 SUB TEMA 1 KELAS IV SDN MRANGGEN 2 DEMAK

MUSTIKASARI, GESTI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TEMA 7 SUB TEMA 1 KELAS IV SDN MRANGGEN 2 DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of GESTI MUSTIKASARI.pdf] Text
GESTI MUSTIKASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Gesti Mustikasari. NPM 17120274. “Pengembangan Media Video Berbasis
Pendekatan Kontekstual Tema 7 Sub Tema 1 Kelas IV SDN Mranggen 2 Demak”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah di masa pandemi ini
diperlukan media pembelajaran yang dapat menunjang aktifitas pembelajaran
secara jarak jauh. Siswa sulit memahami konsep materi yang akan diberikan oleh
Guru tanpa adanya media pembelajaran yang menunjang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah pengembangan media
video berbasis pendekatan kontekstual valid digunakan pada pembelajaran tema 7
subtema 1 kelas IV di SDN Mranggen 2 ? 2) Apakah pengembangan media video
berbasis pendekatan kontekstual praktis dan berdayaguna pada pembelajaran tema
7 subtema 1 kelas IV di SDN Mranggen 2 ?. Tujuan dari penelitian ini adalah
a)Menguji kevalidan media video berbasis kontekstual pada Tema 7 Subtema 1
kelas IV di SDN Mranggen 2. b)Menguji kepraktisan dan kegunaan media video
berbasis kontekstual pada Tema 7 Subtema 1 kelas IV di SDN Mranggen 2.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau (research &
development). Prosedur dakam penelitian dan pengembangan ini menerapkan
prosedur ADDIE. Media dalam pengembangan ini harus melalui subjek penilai
yaitu validasi ahli media, ahli materi, dan angket tanggapan guru untu
memperkuat validasi media. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah
data ahli media dan data ahli materi dan hasil uji coba produk. Instrument
pengumpulan data berupa angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis
secara deskriptif. Hasil pengembangan berupa media video berbasis pendekatan
kontekstual pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 1.
Hasil penilaian angket media video berbasis pendekatan kontekstual
dinyatakan valid. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi. Hasil validasi ahli
media pembelajaran sebesar 90%. Validasi ahli materi sebasar 92%. Media video
berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan praktis dan berdayaguna. Hal ini
dibuktikan dengan hasil tanggapan guru sebesar 91% dan dari tanggapan siswa
sebesar 90%. Hal ini menunjukkan bahwa media video berbasis pendekatan
kontekstual valid, praktis, dan berdayaguna untuk pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya media video berbasis pendekatan kontekstual ini dapat dikembangkan
dengan materi tema ataupun subtema yang lain sebagai salah satu alternatif guru
dalam mengajar. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat
mengembangkan media video berbasis pendekatan kontekstual pada materi
lainnya.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Video, Pendekatan Kontekstual,
Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:22
Last Modified: 21 Oct 2024 02:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5679

Actions (login required)

View Item
View Item