NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA UNTUK SMA

-, ULFIANA (2021) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA UNTUK SMA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi Ulfiana.pdf] Text
Skripsi Ulfiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya guru dalam memilih
bahan ajar sastra yang sekaligus dapat menjadi contoh teladan baik bagi peserta
didik. Dalam pembelajaran sastra KD kurikulum 2013 kelas XII SMA, guru perlu
memilih bahan ajar berupa novel yang mampu menanamkan sikap, perilaku, dan
karakter baik pada diri peserta didik, sebab masih banyak peserta didik yang tidak
memiliki karakter baik. Dengan adanya permasalahan tersebut, ditawarkan novel
Guru Aini karya Andrea Hirata sebagai alternatif bahan ajar sastra, yang
didalamnya memuat nilai-nilai pendidikan karakter yang bisa digunakan untuk
menanamkan nilai-nilai karakter baik bagi peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah nilai
pendidikan karakter dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata dan bagaimana
nilai pendidikan karakter dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata sebagai
alternatif bahan ajar sastra di SMA? Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk
mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Guru Aini karya Andrea
Hirata dan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Guru Aini
sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif dengan pengambilan data dilakukan dengan teknik simak,
catat, dan studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh belas nilai
pendidikan karakter dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Ketujuh belas
nilai tersebut yaitu nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca,
peduli sosial, dan tanggung jawab
Nilai pendidikan karakter dalam novel Guru Aini dapat digunakan
sebagai alternatif bahan ajar sastra untuk SMA, karena nilai pendidikan karakter
tersebut dapat membentuk kepribadian peserta didik. Pembelajaran yang berkaitan
dengan nilai pendidikan karakter dalam novel tersebut terdapat dalam
pembelajaran novel pada KD 3.9 yaitu menganalisis isi dan kebahasaan novel;
serta KD pasangannya 4.9 merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi
dan kebahasaan. Saran yang dapat penulis sampaikan yaitu guru-guru perlu
menggunakan bahan ajar yang sekaligus dapat menanamkan nilai pendidikan
karakter pada diri peserta didik.
Kata Kunci: nilai pendidikan karakter, novel Guru Aini, alternatif, bahan ajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:20
Last Modified: 21 Oct 2024 02:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5677

Actions (login required)

View Item
View Item