KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI WHATSAPP DAN ZOOM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 3 KALIMARO KABUPATEN GROBOGAN

MARKAMAH, TUTIK (2021) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI WHATSAPP DAN ZOOM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 3 KALIMARO KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi Tutik Markamah 19126028.pdf] Text
Skripsi Tutik Markamah 19126028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

TUTIK MARKAMAH. NPM 19126028. “Keefektifan Pembelajaran Daring
Melalui Whatsapp dan Zoom dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 3
Kalimaro Kabupaten Grobogan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang,
UNIVERSITAS PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah keefektifan penerapan
pembelajaran daring sebagai solusi yang efektif dalam pembelajaran di rumah
guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan melalui Whatsapp dan
Zoom dalam Pembelajaran Matematika.
Penelitian ini difokuskan pada pelaksanaan pembelajaran berbasis daring via
Whatsapp dan via zoom, dimana dalam fokusnya akan mengkaji mengenai
pengalaman guru dan siswa dimulai dari persepsi dan kendala siswa kelas IV SD
N 3 Kalimaro Kabupaten Grobogan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian
kuantitatif adalah penelitian yang datanya berupa angka-angka dan analisis
menggunakan statistic, dalam penelitian kuantitatif digunakan untuk melihat
hubungan variabel terhadap objek yang diteliti lebih bersifat sebab dan akibat
(kausal), sehingga dalam penelitiannya ada variabel independen dan variabel
dependen. Dari variabel tersebut selanjutnya dicari seberapa besar pengaruh
variabel independen terhadap variabel dependen. Data berasal dari hasil
dokumentasi, tes, dan angket/kuesioner.
Berdasarkan data yang dihimpun yang dilakukan oleh peneliti dengan
jumlah 60 responden yang telah mengisi soal pretest dan posttest. Hasil penelitian
menggunakan metode pretest dan posttest dalam pembelajaran matematika kelas
IV SD N 3 Kalimaro tahun 2020/2021 dengan penggunaan whatsapp, memiliki
hasil bahwa rata-rata nilai posttest lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pretest.
Sedangkan untuk hasil dengan menggunakan aplikasi zoom disimpulkan bahwa
rata-rata nilai posttest lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pretest. Jasi
Dari analisis di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata
hasil belajar siswa yang menggunkan aplikasi whatsapp dan zoom, hal ini dapat di
lihat dari thitung sebesar 6,12 sedangkan ttabel yaitu 2,00. Selain itu juga dapat
dibuktikan dari dengan rata-rata pembelajaran kelas eksperimen lebih besar dari
kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen yaitu 78,5 sedangkan kelas kontrol yaitu
60,83.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:07
Last Modified: 21 Oct 2024 02:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5663

Actions (login required)

View Item
View Item