Hanggarini, Galuh Ajeng (2021) PROFIL KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATERI MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
![[thumbnail of Galuh ajeng.pdf]](http://eprints3.upgris.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Galuh ajeng.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kesulitan belajar yaitu suatu keadaan yang menyebabkan siswa tidak dapat belajar
sebagaimana mestinya. Kesulitan belajar siswa disekolah bermacam-macam baik
dalam hal menerima pembelajaran, memahami pembelajaran, atau keduanya.
Kesulitan belajar siswa ditandai dengan adanya menurunya prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan siswa dalam
pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajar daring
ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan implusif. Metode yang digunakan yaitu tes
MFFT (Matching Familiar Figures Tes), angket dan wawancara. Peneitian ini
dilakukan pada siswa kelas VIII C SMP 3 Pati. Subjek penelitian yaitu 2 subjek
gaya kognitif reflektif dan 2 subjek dengan gaya kognitif implusif. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa subjek dengan gaya kognitif reflektif dan
implusif tidak mengalami kesulitan teknis dalam proses pembelajaran matematika
berbasis daring. Besar indeks kesulitan teknis indeksnya 73,75 % (tidak pernah )
sedangkan untuk proses pembelajaran indeknya 72,7% (tidak pernah ) . Serta
subjek tidak mengalami kesulitan faktor eksternal berupa orang tua, lingkungan
dan sekolah dengan indeknya 72,5 %. (tidak pernah).
Kata Kunci : Kesulitan Pembelajaran , Pembelajaran Daring, Gaya kognitif
reflektif-implusif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:06 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5661 |