VEBALITA, ANANDYA PUTRI (2021) IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL SEKOLAH DASAR DI INDONESIA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Anandya Putri Vebalita.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
ANANDYA PUTRI VEBALITA, NPM 16120407. “Implementasi Full
Day School Sekolah Dasar Di Indonesia”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Fakultas Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang.
2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah dikarenakan situasi
pandemi maka peneliti tidak bisa melakukan studi lapangan melainkan
menggunakan studi pustaka dengan meneliti beberapa jurnal hasil penelitian
tentang implementasi full day school di sekolah dasar serta guna menciptakan
generasi bangsa yang lebih maju maka diterapkannya program full day school di
Sekolah Dasar yang dimana dalam penerapannya memiliki kelebihan dan
kekurangan.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi full day
school Sekolah Dasar di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk
mendeskripsikan bagaimana implementasi full day school di Sekolah Dasar. 2)
Untuk mengetahui kelebihan program full day school di Indonesia 3) Untuk
mengetahui kekurangan program full day school di Indonesia. Jenis penelitian ini
adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Literarur atau sering
dikenal
dengan
istilah
penelitian
Kepustakaan
(Library
Research).
Hasil analisis 6 jurnal dan 2 skripsi tentang implementasi full day school di
SD menunjukkan bahwa dalam penerapannya program full day school memiliki
kelebihan yaitu dengan adanya sistem ini bisa memaksimalkan waktu luang anak-
anak agar lebih berguna, dengan waktu panjang memungkinkan tercapainya
pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang diterapkan, guru lebih dapat
mengontrol siswa, terbentuknya karakter anak yang baik, meningkatnya prestasi
peserta didik dan dapat meningkat rasa percaya diri peserta didik. Kekurangannya
yaitu sering terkendala dengan sarana dan prasarana yang berupa fisik (material),
menimbulkan rasa jenuh atau bosan, lamanya waktu pembelajaran membuat siswa
terbebani
sehingga
dapat
mempengaruhi
psikologis
atau
psikis
anak.
Saran yang dapat disampaikan yaitu hendaknya dalam menerapkan program
full day school ini, pihak sekolah lebih mempersiapkan dengan baik dari semua
segi termasuk dari segi sarana dan prasarana, agar tidak terjadi kendala yang tidak
diinginkan dan dapat memperlancar penerapan program full day school ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:02 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5658 |