ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD N PEDURUNGAN KIDUL 04

SAFITRI, ANA (2021) ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD N PEDURUNGAN KIDUL 04. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ANA SAFITRI 17120219.pdf] Text
ANA SAFITRI 17120219.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ANA SAFITRI. 17120219. “ Analisisis Peran Orang Tua Dalam Pendampingan
Belajar Selama Pandemi Covid-19 Di SDN Pedurungan Kidul 04”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya orang tua
yang sibuk dengan pekerjaan sehingga lupa dan memerhatikan perannya dalam
mendampingi anak saat belajar dan mereka cenderung menganggap bahwa tugas
pendidikan diserahkan sepenuhnya kepada guru. Proses pembelajaran pada masa
pandemi Covid-19 sekolah di seluruh Indonesia menerapkan pembelajaran daring
atau online. Hal tersebut dialami oleh salah satu sekolah yaitu SD N Pedurungan
Kidul 04. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui peran dan kesulitan yang dialami orang tua dalam pendampingan
belajar selama pandemic Covid-19 di SD N Pedurungan Kidul 04.
Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian
adalah 15 orang tua atau wali murid kelas II di SD N Pedurungan Kidul 04.
Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis peran orang tua dalam
pendampingan belajar selama pandemi Covid-19 adalah orang tua memiliki peran
sebagai guru, sebagai fasilitator, sebagai motivator dan sebagai pengaruh atau
director. Selama pendampingan belajar orang tua juga mengalami kesulitan
berupa kurangnya pemahaman materi oleh orang tua karena faktor pendidikan,
tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak karena faktor pekerjaan,
anak yang merasa bosan sehingga orang tua harus mencari solusi supaya anak
tidak merasa bosan ketika belajar sendiri di rumah, kesulitan orang tua dalam
mengoperasikan handphone dan kesulitan terkait kuota internet dan jaringan
layanan internet.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
Orang tua diharapkan dapat membimbing anak sesuai dengan kebutuhan anak
dalam pembelajaran daring. Orang tua diharapkan dapat menyediakan fasilitas
penuh dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Orang tua diharap dapat
menyediakan waktu untuk memberikan pendampingan serta bimbingan kepada
anak. Orang tua diharapkan memberikan semangat serta memotivasi kepada anak
agar tetap dapat dilaksanakan pembelajaran daring

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:53
Last Modified: 21 Oct 2024 01:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5649

Actions (login required)

View Item
View Item