CINTAMI, FRISKA ANGGUN (2021) PENGARUH TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 02 WULUNG DI MASA PANDEMI COVID - 19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FRISKA ANGGUN CINTAMI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
FRISKA ANGGUN CINTAMI. NPM 17120296. “ Pengaruh Tingkat
Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Siswa Kelas V SDN 02 Wulung Di Masa Pandemi Covid-19 ”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2021
Latar belakang yang mendorong penilitian ini adalah pandemi Covid-19
yang mempengaruhi kondisi kecerdasan emosional siswa dan ada tidaknya
pengaruh antara tingkat kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematika
Permasalahan yang diangkat dalam peneltian ini adalah : 1) Berapa skor
tingkat kecerdasan emosional siswa kelas V SDN 02 Wulung?, 2) Berapa skor
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN 02 Wulung?,
3) Ada tidaknya pengaruh antara tingkat kecerdasan emosional terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN 02 Wulung.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui skor kecerdasan emosional,
skor kemampuan pemecahan masalah matematika dan ada tidaknya pengaruh
antara tingkat kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
ex –post facto. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket
untuk mengukur tingkat kecerdasan emosional dan tes untuk mengukur
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Variabel independent dalam
penelitian ini adalah tingkat kecerdasan emosional , sedangkan variabel dependent
dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan melalui uji analisis regresi
linear sederhana dan Uji T diketahui nilai korelasi atau hubungan antar variabel
adalah 0,616 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif
antara tingkat kecerdasan emosional dan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa kelas V SDN 02 Wulung. Berdasarkan Uji F (ANOVA)
diperoleh nilai sig 0,000, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat
kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa kelas V SDN 02 Wulung.
Berdasarkan simpulan, saran yang daapt dapat disampaikan adalah
diharapkan siswa lebih meningkatkan semangat dan motivasi dalambelajar,
supaya dapat memahami materi dengan baik dengan pemahaman materi yang baik
maka akan lebih mudah dalam meningkatan prestasi belajar. Peneliti berharap
adanya penelitian lebih mendalam mengenai kecerdasan emosional dan
pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Pemecahan Masalah, Matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 01:48 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 01:48 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5643 |