MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK MELALUI METODE BERCERITA KELOMPOK B TK ABA TLOGOREJO KARANGAWEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

HANDAYANI, ANA (2021) MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK MELALUI METODE BERCERITA KELOMPOK B TK ABA TLOGOREJO KARANGAWEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ANA HANDAYANI.pdf] Text
ANA HANDAYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ana Handayani. NPM 18156147. “Meningkatkan Kreativitas Menggambar Anak
Melalui Metode Bercerita Kelompok B TK ABA Tlogorejo Karangawen Demak
Tahun Pelajaran 2020/2021”.
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendanya kemampuan menggambar
pada anak kelompok B TK ABA Tlogorejo Karangawen Demak. Penelitian
tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas menggambar melalui
metode bercerita. Metode bercerita yang digunakan dibatasi pada tema rekreasi
dengan sub tema pantai.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian adalah anak didik kelompok B TK ABA Tlogorejo Karangawen Demak
yang berjumlah 8 anak. Obyek penelitian ini adalah kemampuan menggambar.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen yang
digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data dilakukan secara
deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kreativitas menggambar
yang dilakukan melalui stimulasi bercerita. Tindakan tersebut dapat meningkatkan
kemampuan menggambar. Pada saat dilakukan observasi pra tindakan, pada
indikator kreativitas menggambar sebesar 0% masih menunjukkan bahwa hasil
pelaksanaan masih kurang dari indikator keberhasilan yang ditentukan berada
pada kriteria kurang sekali, pada Siklus I indikator kreativitas menggambar
sebesar 62,5% menunjukkan adanya peningkatan namun belum mencapai
indikator yang ditentukan karena masih berada pada kriteria berkembang sesuai
harapan dan pada Siklus II indikator kreativitas menggambar sebesar 87,5%.
Perolehan persentase pada Siklus II menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam
berkreativitas menggambar anak Kelompok B dengan kriteria sangat baik telah
mencapai indikator keberhasilan sebesar 75% dan pelaksanaan penelitian
dihentikan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dapat
meningkatkan kemampuan menggambar pada anak kelompok B TK ABA
Tlogorejo Karangawen Demak.
Berdasarkan hasil penelitian ini rekomendasi yang dapat disampaikan
bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan anak berkreativitas
menggambar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:18
Last Modified: 16 Oct 2024 02:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5632

Actions (login required)

View Item
View Item