FITRIA, ANA (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KELILING BANGUN DATAR KELAS IV SDN PEDURUNGAN LOR 01 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ANA FITRIA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
ANA FITRIA. NPM 17120206. “Keefektifan Model Problem Based Learning
(PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keliling Bangun Datar Kelas IV SDN
Pedurungan Lor 01 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2021.
Dalam Pendidikan, pembelajaran diperlukan pendekatan yang dapat
membuat pola pikir berdasarkan pengalaman yang didapatkan dalam
kehidupan sehari–hari. Dalam pendidikan sekolah dasar dapat diterapakan
pada pembelajaran Matematika berdasarkan pengalaman yang dimiliki
individu. Dalam pembelajaran metematika di sekolah dasar proses bepikir
siswa secara konkrit dan menjadikan siswa menyenangi pembelajaran
matematika dengan cara siswa yang lebih aktif. Permasalahan dalam penelitian
ini adalah bagaimana keefektifan model problem based learning (PBL) terhadap
hasil belajar siswa materi keliling bangun datar kelas IV SDN pedurungan lor 01
semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True
Experimental Design dengan desain Pretest-posttest Control Group Design.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 01
Semarang tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil adalah 20 siswa
kelas IVA dan 20 siswa kelas IVB dengan menggunkan teknik non-probability
sampling dengan jenis simple random sampling. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil analisis Pada kelas kontrol nilai prestest diperoleh dengan nilai
terendah 28 dan nilai tertinggi 100 dengan rata-rata 68,4. Sedangkan nilai posttest
memperoleh nilai terendah 76 sedangkan nilai tertinggi 100 dengan rata-rata
86,00. Kelas eksperimen mendapat nilai pretest dengan nilai terendah 28 dan nilai
tertinggi 92 dengan rata-rata 67,2. Sedangkan nilai posttest mendapatakan nilai
terendah 76 dan nilai tertinggi 100 dengan rata-rata 90,6. Berdasarkan analisis Uji
t polled varian diperoleh thitung sebesar 2,566 sedangkan ttabel dengan db = (20+20-
1) = 39 dan taraf signifikan 5% sebesar 2,021. Karena Hasil thitung > ttabel yaitu
2,566 > 2,021 maka Ho ditolak Ha diterima maka dapat diartikan Adanya
Keefektifan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa
Materi Keliling Bangun Datar Kelas IV SDN Pedurungan Lor 01 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah bahwa
model Problem Based Learning (PBL) berbasis etnomatematika dapat diterapakan
dalam pembelajaran matematika karena hendaknya membuat siswa lebih fokus,
memahami materi, dan mampu mendapatkan masalah serta menyelesaikan
masalah dalam pembelajaran secara mandiri sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar matematika pada ranah kognitif, model Problem Based Learning (PBL)
berbasis etnomatematika dapat memberikan inovasi pembelajaram yang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif pada mata pelajaran
matematika.
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Etnomatematika, Hasil
Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 02:16 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 02:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5629 |