ANALISIS APLIKASI MEDIA MICROSOFT TEAMS DALAM MENINGKATKAN DIGITAL LITERACY PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN EKONOMI SMA N 1 BANDAR

ANGGIANA, AMINATUN SISKA (2021) ANALISIS APLIKASI MEDIA MICROSOFT TEAMS DALAM MENINGKATKAN DIGITAL LITERACY PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN EKONOMI SMA N 1 BANDAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of AMINATUN SISKA ANGGIANA.pdf] Text
AMINATUN SISKA ANGGIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Aminatun Siska Anggiana “Analisis Aplikasi Media Microsoft Teams
dalam Meningkatkan Digital Literacy Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran
Ekonomi SMA N 1 Bandar”, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2021. Penelitian ini dilatarbelakangi
oleh pandemi covid-19 yang berdapak pada semua sektor kehidupan, tak
terkecuali pada sektor pendidikan. Maka dengan adanya permasalahan ini
mengharuskan peserta didik untuk belajar di rumah menggunakan metode daring.
Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu bagaimana strategi peningkatan
digital literacy dalam pemanfaatan aplikasi media Microsoft Teams pada
pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi SMA N 1 Bandar?. Tujuan pada
penelitian ini, yaitu menjelaskan strategi peningkatan digital literacy dalam
pemanfaatan aplikasi media Microsoft Teams pada pembelajaran daring mata
pelajaran ekonomi SMA N 1 Bandar.
Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, peneliti melakukan
kegiatan menemukan dan memahami apa yang tersembunyi dibalik fenomena
yang terjadi berdasarkan fakta yang dilakukan sejak awal sampai akhir penelitian.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa media pembelajaran yang digunakan
guru mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Bandar pada saat pembelajaran daring
yaitu media microsoft team, yang dapat memudahkan kinerja guru dalam
memberikan materi pada peserta didik.
Simpulan pada penelitian ini yaitu media pembelajaran yang digunakan
adalah Microsft Teams. Analisis Technology Knowledge (TK) pada guru termasuk
kategori kurang baik, dikarenakan guru belum bisa menguasai aplikasi media
Microsoft Teams, Sedangkan bagi peserta didik termasuk kategori baik
dikarenakan peserta didik dapat beradaptasi dengan aplikasi media Microsoft
Teams. Analisis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) yaitu
penggunaan aplikasi media Microsoft teams ini lebih memudahkan kinerja guru.
Kata Kunci: Microsoft Teams, Digital Literacy, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:12
Last Modified: 16 Oct 2024 02:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5626

Actions (login required)

View Item
View Item