ROSDIANINGSIH, AMELIA (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SAMBAN 01 KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
AMELIA ROSDIANINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
AMELIA ROSDIANINGSIH. NPM 16120190. “ Peningkatan Keterampilan
Bercerita dengan Media Wayang Kartun Pada Siswa Kelas III SD Negeri Samban
01 Kabupaten Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2020.
Latar
belakang
yang
mendorong
penelitian
ini
adalah
rendahnya
keterampilan bercerita siswa dan rendahnya proses pembelajaran bercerita.
Rendahnya keterampilan bercerita siswa disebabkan oleh kurangnya pembelajaran
yang inovatif, aktif, dan menyenangkan sehingga siswa pasif dalam proses
pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan
bercerita siswa dengan menggunakan media wayang kartun.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri Samban 01 Kabupaten Semarang.
Siswa kelas III SD Negeri Samban 01 berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 20
siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
tes, observasi, dan angket. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Prosedur
penelitian tiap siklus terdiri dari empat tahap yang meliputi perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media wayang kartun
mampu meningkatkan proses pembelajaran bercerita yang ditunjukkan dengan
meningkatnya keaktifan siswa melakukan tanya-jawab, siswa memperhatikan
penjelasan guru, siswa antusias dalam kegiatan bercerita, dan siswa berani
bercerita di depan kelas. Skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 13,04
dan pada siklus II meingkat menjadi 17,03. Peningkatan skor rata-rata pada proses
pembelajaran siswa sebesar 3,99. Penggunaan media wayang kartun juga mampu
meningkatkan
keterampilan
bercerita
siswa
yang
ditunjukkan
dengan
meningkatnya aspek-aspek keterampilan bercerita yaitu pelafalan, pilihan kata,
kelancaran, gaya/ ekpresi, penghayatan, dan penguasaan cerita. Pada siklus I
keterampilan bercerita siswa memperoleh skor rata-rata 19,09, dan pada siklus II
meningkat menjadi 25,15. Peningkatan skor rata-rata keterampilan bercerita siswa
sebesar 6,06
Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media wayang kartun mampu meningkatkan keterampilan bercerita
pada siswa kelas III SD Negeri Samban 01 Kabupaten Semarang. Saran yang
dapat disampaikan peneliti adalah supaya media wayang kartun dapat digunakan
sebagai salah satu media alternatif guru dalam meningkatkan keterampilan
bercerita siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 02:10 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 02:10 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5625 |