PENERAPAN MEDIA WAYANG GOLEK KARDUS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK N 5 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SARI, AMELIA ANDINA (2021) PENERAPAN MEDIA WAYANG GOLEK KARDUS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK N 5 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of AMELIA ANDINA SARI.pdf] Text
AMELIA ANDINA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Amelia Andina Sari. “Penerapan Media Wayang Golek Kardus dalam
Pembelajaran Menulis Teks Biografi pada Peserta Didik Kelas X SMK N 5
KENDAL”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Pembimbing I Dr. Ngatmini, M.Pd. dan pembimbing II Siti Ulfiyani, S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan keterampilan
menulis teks biografi oleh peserta didik. Berdasarkan hasil prapenelitian, peserta
didik masih menghadapi kendala khususnya dalam menuangkan kreatifitas,
pengetahuan, dan ide dalam menulis teks biografi. Dengan kondisi tersebut, perlu
diupayakan suatu alternatif media pembelajaran tertentu untuk membantu siswa
mengoptimalkan keterampilan menulis teks biografi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
media wayang golek kardus dalam pembelajaran menulis teks biografi pada
peserta didik kelas X SMK N 5 Kendal? Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan penerapan media wayang golek kardus dalam pembelajaran
menulis teks biografi pada peserta didik kelas X SMK N 5 Kendal.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi,
teknik wawancara, dan teknik tes. Teknik observasi digunakan dalam penelitian
ini untuk memperoleh data terkait penerapan media wayang golek kardus dalam
pembelajaran
teks
biografi.
Teknik
wawancara
dengan
sumber
yaitu
pendidik/guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mengampu kelas X SMK
Negeri 5 Kendal dilaksanakan untuk mengetahui beberapa aspek dalam penerapan
media wayang golek kardus, sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh
data yang berasal dari kegiatan menulis teks biografi peserta didik kelas X SMK
Negeri 5 Kendal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik analisis data kualitatif. Penyajian data berupa analisis dan deskripsi tentang
penerapan media wayang golek kardus dalam pembelajaran menulis teks biografi
pada peserta didik kelas X SMK N 5 Kendal.
Hasil penerapan dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa, penerapan media wayang golek kardus dilakukan pada peserta didik kelas
X RPL satu SMK Negeri 5 Kendal sebagai media pembelajaran dalam menulis
teks biografi. Media wayang golek kardus diterapkan dalam pembelajaran menulis
teks biografi dapat dijadikan subjek untuk bahan menulis teks biografi. Selain itu
untuk menambah kreatifitas peserta didik sehingga kemampuan peserta didik dan
nilai kriteria ketuntasan bisa mencapai (KKM). Untuk mengetahui kemapuan
peserta didik perlu adanya kriteria penskoran. Kriteria skor mulai dari sangat baik,
baik, cukup, dan kurang Hal tersebut maka akan menunjukkan kriteria rata-rata
perolehan nilai peserta didik dari perolehan menulis teks biografi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, saran kepada pendidik yaitu
perlu adanya alternatif media yang inovatif dalam pembelajaran menulis teks
biografi agar kreativitas peserta didik lebih optimal. Saran bagi peserta didik, agar
lebih optimal dan kreatif dalam menulis teks biografi dengan memperhatikan
struktur, kaidah kebahasaan, dan kesesuaian isi, baik menggunakan media wayang
golek kardus maupun media lainnya. Penelitian ini disarankan untuk dijadikan
referensi penelitian dalam bidang pembelajaran khususnya terkait media
pembelajaran.
Kata Kunci: Media Wayang Golek Kerdus, Pembelajaran Menulis Teks Biografi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:08
Last Modified: 16 Oct 2024 02:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5623

Actions (login required)

View Item
View Item