KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 SUBTEMA 1 PADA SISWA KELAS IV SD N 01 RINGINARUM

SEPTIANINGRUM, AMALIA PUTRI (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 SUBTEMA 1 PADA SISWA KELAS IV SD N 01 RINGINARUM. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Amalia Putri Septiningrum.pdf] Text
Amalia Putri Septiningrum.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

AMALIA PUTRI SEPTIANINGRUM. 16120184. “Keefektifan Model
Pembelajaran Inquiry Based Learning Berbantu Media Audio Visual Terhadap
Hasil Belajar Siswa Tema 6 Subtema 1 pada Siswa kelas IV SD N 01
Ringinarum”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Ilmu
Pendidikan.
Universitas
PGRI
Semarang.
2021.
Penelitian
ini
dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
Tematik dimana siswa masih banyak yang kebingungan dengan pengelompokan
mata pembelajaran dalam satu tema.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran
Inquiry Based Learning berbantu media audio visual efektif terhadap hasil
belajar siswa kelas IV SDN 01 Ringinarum. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 6 subtema 1.
Jenis penelitian adalah eksperimen dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan rancangan One Group Pretest-Posttest design. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 28 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah kelas IV SD N
01 Ringinarum yang berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan dengan uji t dan uji
ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan terdapat peningkatan
dalam hasil belajar pada pelajaran Tematik dengan menggunakan model inquiry
based learning berbantu media audio visual dengan hasil yang diperoleh sebesar t
hitung = 6468,755102 > t tabel = 2,050.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat saya sampaikan adalah supaya
model pembelajaran inquiry based learning yang berbantu media audio visual
dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru untuk mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Oct 2024 01:57
Last Modified: 16 Oct 2024 01:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5612

Actions (login required)

View Item
View Item