PENERAPAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING MELALUI PENGIMAJIAN BENDA DALAM PEMBELAJARAN DARING MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 PEMALANG TAHUN AJARAN 2020/2021

PANGESTI, AMALIA (2021) PENERAPAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING MELALUI PENGIMAJIAN BENDA DALAM PEMBELAJARAN DARING MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 PEMALANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of AMALIA PANGESTI.pdf] Text
AMALIA PANGESTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis dalam
pembelajaran bahasa Indonesia mempuyai peran penting seperti dalam
pembelajaran daring menulis puisi, peserta didik seringkali mengalami kesulitan
dalam menuntukan ide dan mengembangkan imajinya menjadi sebuah tulisan atau
puisi. Selain itu, kondisi pembelajaran daring mengakibatkan peserta didik
menjadi pasif dalam pengikuti pembelajaran. Hal ini menjadi alasan lain
dilakukannya
penelitian
penerapan
model
experiental
learning
melalui
pengimajian benda dalam pembelajaran daring menulis puisi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model experiental learning melalui pengimajian benda dalam pembelajaran
daring menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Pemalang tahun
pelajaran 2020/2021. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan
hasil menulis puisi peserta didik menggunakan model experiental learning
melalui pengimajian benda.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena analisis data yang
digunakan untuk mendeskripsikan penerapan model experiental learning melalui
pengimajian benda dalam pembelajaran daring menulis puisi.
Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Hasil teknik tes
berupa hasil menulis puisi peserta didik menggunakan model experiental learning
melalui pengimajian benda, sedangkan teknik nontes ialah angket dan observasi
yang berisi tentang respon peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring
menulis puisi.
Hasil analisis data membuktikan bahwa penerapan model experiental
learning dapat diterapkan, hal ini dibuktikan peserta didik dapat menulis puisi
dengan
mengembangkan
imajinasinya
melalui
pengimajian
benda
dan
pengalamannya, dengan demikian peserta didik dapat memperoleh nilai rata-rata
84 yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75.
Saran penulis untuk penelitian ini diharapkan menjadi acuan pendidik
supaya lebih kreatif atau aktif dalam menggunakan model pembelajaran. Serta
untuk peserta didik agar lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran daring.
Kata kunci: Penerapan, model experiental learning, pengimajian benda,
pembelajran daring, menulis puisi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Oct 2024 01:55
Last Modified: 16 Oct 2024 01:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5609

Actions (login required)

View Item
View Item