IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI PENDIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI 03 TAMANREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL

SANDRA, FITRIA ARI (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI PENDIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI 03 TAMANREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FITRIA ARI SANDRA_17120147.pdf] Text
FITRIA ARI SANDRA_17120147.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

FITRIA ARI SANDRA. NPM 17120147. “Implementasi Pembelajaran Jarak
Jauh Bagi Pendidik Sekolah Dasar Negeri 03 Tamanrejo Kecamatan Sukorejo
Kabupaten Kendal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
2021. Dosen Pembimbing I Drs. Suyitno, M.Pd. Dosen Pembimbing II Arfilia
Wijayanti, S.Pd,. M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hambatan guru dan
peserta didik Sekolah Dasar Negeri 03 Tamanrejo dalam penyesuaian
pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran melalui jaringan .
Fokus penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran jarak
jauh bagi pendidik Sekolah Dasar Negeri 03 Tamanrejo Kecamatan Sukorejo
Kabupaten Kendal dan hanya terfokus pada pelaksanaan pembelajaran daring
yang dilakukan oleh guru dan peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Obyek penelitian ini adalah
Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Pendidik di Sekolah Dasar Negeri 03
Tamanrejo. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi.
Berdasarkan
hasil
penelitian
yang
dilakukan
dapat
disimpulkan
pembelajaran jarak jauh daring oleh pendidik pada masa pandemi covid-19 belum
terlaksana secara optimal. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara yang
menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran jarak jauh di Sekolah Dasar
Negeri 03 Tamanrejo Sukorejo Kendal memiliki hambatan. Hambatan dari
pembelajaran jarak jauh daring adalah tidak semua peserta didik memiliki
handphone dan juga jaringan internet yang tidak stabil, sedangkan berdasarkan
hasil wawancara dengan peserta didik diketahui bahwa peserta didik dapat
menyampaikan kesulitan belajar yang di alami kepada guru secara mandiri pada
saat mengumpulkan tugas secara berkala.
Saran yang dapat diberikan dalam skripsi ini adalah guru dapat
memaksimalkan penggunaan model, metode dan media yang sesuai dengan materi
yang ingin di sampaikan, selain itu sebaiknya guru memfasilitasi siswa dalam
kegiatan bertanya jawab menggunakan metode yang sesuai sehingga siswa dapat
menyampaikan kesulitannya dengan mudah dan guru dapat mengatasi kesulitan
tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Oct 2024 01:50
Last Modified: 16 Oct 2024 01:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5605

Actions (login required)

View Item
View Item