Lestari, Fitri (2021) PROFIL KESALAHAN SISWA BERDASARKAN NEA (NEWMAN’S ERROR ANALYSIS) DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWAPROFIL KESALAHAN SISWA BERDASARKAN NEA (NEWMAN’S ERROR ANALYSIS) DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
fitri l.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Matematika sering dianggap mata pelajaran yang sulit dan menakutkan bagi
siswa. Hal ini dapat dilihat dari mata pelajaran matematika yang masih menjadi
mata pelajaran dengan nilai rata-rata yang rendah dibandingkan dengan mata
pelajaran lainnya. Siswa masih banyak melakukan kesalahan, terutama pada soal
cerita. Adapun untuk mengetahui bagaimana kesalahan siswa terjadi perlu dilakukan
analisis lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kesalahan
siswa berdasarkan NEA (Newman’s Error Analysis) dalam menyelesaikan soal
matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI 1 Pati. Subjek Penelitian ini 6 siswa, 3
siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 3 siswa dengan gaya kognitif impulsif
dari kelas X MIPA 7 SMA PGRI 1 Pati. Teknik pengambilan data yang
digunakan adalah purposive sampling. Untuk memperoleh data dilakukan tes gaya
kognitif MFFT, dan tes penyelesaian masalah matematika dengan tahapan
Newman berupa soal uraian materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak
kemudian dilakukan wawancara terhadap subjek. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif melakukan kesalahan kemampuan
memproses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Siswa dengan gaya kognitif
impulsif melakukan kesalahan transformasi, kesalahan kemampuan memproses
dan kesalahan penulisan jawaban akhir.
Kata Kunci : Newman’s Error Analysis, Gaya Kognitif, Nilai Mutlak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 01:37 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 01:37 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5593 |