PENGARUH PRESTASI BELAJAR TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PEMALANG

NUGRAHA, FARDA MUFTI (2023) PENGARUH PRESTASI BELAJAR TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PEMALANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of FARDA MUFTI NUGRAHA 19110025.pdf] Text
FARDA MUFTI NUGRAHA 19110025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Farda Mufti Nugraha, NPM. 19110025. “Pengaruh Prestasi Belajar terhadap
Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pemalang”. Skripsi. Program
Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Eka Sari Setianingsih, S. Pd., M. Pd. Dosen
Pembimbing II MA. Primaningrum Dian M, M. Psi., Psi. 2023.
Penelitian pengaruh prestasi belajar terhadap kepercayaan diri siswa kelas X
SMA Negeri 3 Pemalang ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang mengalami
kurang percaya diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
prestasi belajar terhadap kepercayaan diri siswa. Penelitian ini dengan menggunakan
pendekatan deskriptif kuantitatif korelasi. Dalam peneliitian ini populasi adalah siswa
kelas X SMA Negeri 3 Pemalang dengan jumlah 360 siswa. Pada penelitian ini
diambil satu kelas dengan jumlah 36 siswa yang dilakukan untuk tryout. Sampel
dalam penelitian ini yaitu 78 siswa yang diambil dengan teknik cluster random
sampling. Alat pengumpulan data yang dipergunakan adalah skala prestasi belajar
dan kepercayaan diri kemudian analisis data dengan menggunakan SPSS Versi 26.
Hasil penenlitian menunjukan tingkat kategori tinggi untuk prestasi belajar
dengan presentase 78%. Sementara kepercayaan diri pada kategori tinggi dengan
presentase 70%. Analisis data dan uji hipotesis menggunakan teknik regresi linear
sederhana menunjukan bahwa prestasi belajar berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepercayaan diri siswa dengan nilai signifikansi 0,004 dan persamaan garis
regresi Y = 60.520 + 0.361X. Dengan ini menunjukan jika variabel prestasi belajar
semakin meningkat, atau semakin baik, maka kepercayaan diri semakin meningkat.
Artinya setiap kenaikan dari prestasi belajar akan meningkatkan kepercayaan diri
siswa kelas X SMA N 3 Pemalang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara prestasi belajar dengan kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri
3 Pemalang.
Kata kunci : Prestasi Belajar, Kepercayaan Diri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:11
Last Modified: 08 Jan 2024 07:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item
View Item