PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS III DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN BERBANTU MEDIA BUS PINTAR

WAHYUNINGTIAS, FISKA (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS III DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN BERBANTU MEDIA BUS PINTAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Fiska Wahyuningtyas.pdf] Text
Fiska Wahyuningtyas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

FISKA WAHYUNINGTIAS. NPM 16120326 “Penerapan Model Pembelajaran
Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Siswa
Kelas III ditinjau dari Kemampuan Berhitung Perkalian Berbantu Media Bus
Pintar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI
Semarang. 2020.
Pelaksanaan pembelajaran di kelas, pendidik belum menggunakan metode
pembelajaran yang inovatif dimana peserta didik lebih banyak mendengarkan
penjelasan guru di depan kelas serta melaksanakan tugas jika pendidik
memberikan latihan soal-soal kepada peserta didik. Sehingga menyebabkan
peserta didik pasif pada pembelajaran tersebut dan akan merasa mudah bosan
karena hanya mendengarkan apa yang dijelaskan oleh pendidik, tanpa
memberikan peserta didik kesempatan untuk ikut serta aktif di dalam
pembelajaran tersebut guna memberikan pengalaman langsung sehingga peserta
didik mampu mendapatkan pembelajaran yang lebih bermakna. Selain
menggunakan metode pembelajaran yang belum inovatif, pendidik belum
menggunakan media pembelajaran yang mendukung. Kurangnya penggunaan
media yang digunakan dalam proses pembelajaran, semakin bertambah banyak
penerapan metode ceramah yang dilakukan oleh guru. Penggunaan media atau alat
bantu yang dapat digunakan pada saat pembelajaran sangat membantu proses
pembelajaran yang berada di dalam maupun di luar kelas. Berawal dari masalah
tersebut peneliti melakukan dengan tujuan mengetahui Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan
Penalaran Siswa Kelas III ditinjau dari Kemampuan Berhitung Perkalian Berbantu
Media Bus Pintar
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group
Pretest Posttest Design. Sebelumnya peserta didik kelas III akan diberi pretest
terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi awal sebelum diberi perlakuan. Setelah
hasi pretest didapat, selanjutnya peserta didik diberi perlakuan dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Media Bus
Pintar lalu baru diambil nilai posstest. Setelah memberi perlakua diperoleh data
nilai sebelum dilakukan treatment siswa yang tuntas sebesar 1 siswa dan yang
tidak tuntas 26 siswa, namun setelah diberi perlakuan pada nilai posttest terlihat
teradi peningkatan siswa tuntas mencapai 25 siswa dan sisanya hanya 2 anak.
Ditunjukan juga dalam uji ketutasan klasikal, hasil pretest mencapai ketuntasan
belajar klasikal 4%. Hasil posttest mencapai ketuntasan belajar sebesar 93%.
Suatu kelas dikatakan tuntas apabila terdapat ≥70% peserta didik yang telah tuntas
belajar. Dengan demikian, hasil posttest dapat dikatakan tuntas secara klasikal
dengan 93% peserta didik tuntas belajar. Hasil pretest dikatakan tidak tuntas
secara klasikal dengan 4% peserta didik tuntas belajar. Maka dapat disimpulkan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning
berbantu Media Bus Pintar dapat diterapkan terhadap peningkatan kemampuan
penalaran peserta didik kelas III SD Negeri Sambiroto 01 Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 08:07
Last Modified: 15 Oct 2024 08:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5579

Actions (login required)

View Item
View Item