NI’MAH, ALFI MAGHFIROTUN (2021) IMPLEMENTASI LAGU NASIONAL DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDN PUNCEL 01 PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ALFI MAGHFIROTUN NI’MAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Alfi Maghfirotun Ni’mah 17120215. “Implementasi Lagu Nasional dalam
Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik di Kelas III Sekolah
Dasar”. Skripsi.Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan.
Universitas
PGRI
Semarang.
Dosen
Pembimbing
I:
Ari
Widyaningrum, S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembibing II:Ervina Eka Subekti., S.Si.,
M.Pd. 11 November 2021
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah kurang
tertariknya peserta didik terhadap lagu nasional karena mengagap bahwa lagu
nasional susah untuk dihafal dan dinyanyikan. Selain itu menurunya karakter
pada diri peserta didik, hal ini dapat dilihat dari adanya perlakuan peserta didik
yang suka mengantuk, bermain sendiri, dan suka bernyanyi saat pembelajaran
tematikpada tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup subtema 1
ciri-ciri makhluk hidup pembelajaran 1, sehingga hasil nilai peserta didik pada
muatan pelajaranmatematikaterdapat 11 peserta didik di bawah KKM 65.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana implementasi lagu nasional dalam
penanaman pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas III SDN
Puncel 01 Pati. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan implementasi
penanaman pendidikan karakter pada pembelajaran tematik kelas III melalui lagu
nasional.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Setting
penelitin ini adalah di SDN Puncel 01 Pati. Data penelitian ini diperoleh melalui
observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sumber data yaitu dari kepala
sekolah, guru, dan peserta didik.
Hasil penelitian ini adalah (1) lagu nasional sebagai mediapenanaman
pendidikan karakterdilihat dari makna/pesan yang terkandung di setiap lirik lagu
nasional yang dapat membentuk 18 nilai-nilai karakter peserta didik dalam
pembelajaran tematik di kelas III. (2) Implementasi lagu nasional dilaksanakan di
dalam kelas dengan cara menyanyikan lagu nasional di awal pembelajaran dan
menyampaikan
pesan/makna
yang
terkandung
di
setiap
lirik
lagu
nasional.Sehingga peserta didik lebih termotivasi dan aktif saat pembelajaran
tematik kususnya di muatan pelajaran matematika terdapat 84% peserta didik
mendapatkan nilai di atas KKM 65.
Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh maka peneliti menyampaikan
saran dan evaluasi sebaiknya guru hendaknya membiasakan semua peserta didik
untuk menyanyikan lagu nasional setiap hari sebelum pembelajaran dimulai atau
di masukan dalam proses pembelajaran secara terkonsep agar peserta didik
memahami arti atau makna sehingga peserta didik termotivasi dan bersemangat
saat pembelajaranselain itu peserta didik menjalankan hal-hal yang baik sesuai
pendidikan karakter dengan hal ini karakter peserta didik sudah melekat ke diri
pribadinya.
Kata kunci: Lagu Nasional, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 08:02 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 08:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5575 |