Melliana, Melliana (2023) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIKTOK DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS XII SEKOLAH MENENGAH ATAS LABORATORIUM UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MELLIANA 19210053.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Melliana “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Penggunaan Media
TikTok dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XII SMA
Laboratorium Universitas PGRI Semarang”, Program Studi Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya motivasi belajar siswa yang
rendah karena dalam pembelajaran PPKn masih menggunakan pembelajaran
konvensional, dan belum menggunakan media yang beragam seperti TikTok.
Berdasarkan hasil penelitian terdahulu diyakini bahwa penggunaan media TikTok
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui ada atau tidak adanya peningkatan motivasi belajar siswa melalui
penggunaan media TikTok dalam PPKn kelas XII SMA Laboratorium UPGRIS.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi
eksperimental), populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA
Laboratorium UPGRIS, dengan sampel siswa kelas XII IPS 1 sebagai kelas
eksperimen berjumlah 29 siswa, dan siswa kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol
dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket
motivasi belajar siswa dengan teknik anlisis data (UjiNormalitas, Uji Homogenitas,
dan Uji Hipotesis) dan penggunaan media TikTok dengan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa sebelum
menggunakan media TikTok masih rendah dengan nilai rata-rata 62,34. Setelah
penggunaan media TikTok motivasi belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata
90,14. Penggunaan media TikTok dalam pembelajaran PPKn berjalan dengan
baik. Kendala dari penggunaan media TikTok ialah tidak semua smartphone siswa
perangkatnya mendukung sehingga ada beberapa siswa yang tidak dapat
mengakses fitur pada TikTok. Pada motivasi intrinsik siswa tidak mengerjakan
tugas dengan sungguh-sungguh sedangkan pada motivasi ekstrinsik siswa masih
belum merasakan pengalaman belajar yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari.
Simpulan penelitian: ada peningkatan motivasi belajar siswa melalui
penggunaan media TikTok dalam PPKn kelas XII SMA Laboratorium UPGRIS.
Siklus I mengalami peningkatan sebesar 1,72% sedangkan siklus II mengalami
peningkatan sebesar 27,8% yang artinya ada peningkatan dari siklus I ke siklus II
yang signifikan.
Kata Kunci: Media TikTok, Motivasi Belajar Siswa, PPKn
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:10 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:10 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/557 |