PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA KELAS IV SDN 1 BICAK KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA

MUAYANA, SITI (2021) PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA KELAS IV SDN 1 BICAK KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI siti muayana (19126031).pdf] Text
SKRIPSI siti muayana (19126031).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SITI MUAYANA. NPM 19126031 “Penerapan Metode Diskusi Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Cahaya dan Sifatnya Kelas IV
SDN 1 Bicak Kecamatan Todanan Kabupaten Blora”. Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas PGRI Semarang, 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa
disebabkan karena dalam pembelajaran, guru belum mengembangkan strategi atau
metode pembelajaran yang menarik sehingga minat dan motivasi siswa belum begitu
aktif dalam mengikuti pembelajaran.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah dengan penerapan metode
diskusi dapat meningkatan motivasi belajar siswa pada materi cahaya dan sifat-
sifatnya kelas IV SDN 1 Bicak Kecamatan Todanan Kabupaten Blora?. Tujuan pada
penelitian ini yaitu untuk mngetahui apakah dengan penerapan metode diskusi dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi cahaya dan sifat-sifatnya kelas IV
SDN 1 Bicak Keccamatan Todanan Kabupaten Blora.
Metode penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah
metode untuk melihat hubungan variabel terhadap objek yang diteliti lebih bersifat
sebab dan akibat (kausal), sehingga dalam penelitiannya ada variabel independen dan
variabel dependen.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil uji N-gain pada kelas kontrol atau
sebelum di berikan motivasi rata-rata posttest sebesar 62,33. Sedangkan hasil uji N-
gain pada kelas eksperimen atau sesudah di berikan motivasi rata-rata posttest sebesar
73,50.
Simpulan pada penelitian ini bahwa rata-rata nilai posttest lebih tinggi dari
pada nilai rata-rata pretest.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 07:51
Last Modified: 15 Oct 2024 07:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5560

Actions (login required)

View Item
View Item