ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN KENDALA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19

Baqiyatussolikhati, Al (2021) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN KENDALA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Al Baqiyatussolikhati.pdf] Text
Al Baqiyatussolikhati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar dan kendala
belajar siswa dalam pembelajaran matematika selama pandemi covid-19.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah
siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkah yang terdiri dari enam siswa. Kriteria
pemilihan subjek berdasarkan pada tipe motivasi belajar dan kendala belajar yaitu
tinggi, sedang, rendah dan kelancaran pada saat berkomunikasi. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian yaitu kuesioner dan pedoman wawancara. Keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber yaitu mengumpulkan data dari berbagai
sumber yang saling berbeda dengan menggunakan wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa motivasi belajar dan kendala belajar siswa dalam
pembelajaran matematika selama pandemi covid-19 berbeda-beda. Subjek tipe
motivasi belajar tinggi yang tidak mempunyai rasa ingin tahu terhadap pelajaran
matematika dan kurang tertarik saat guru menyampaikan materi matematika
namun merasa tidak lekas putus asa dalam mengikuti pembelajaran online. Subjek
tipe motivasi belajar sedang yang tidak lekas putus asa dalam mengikuti
pembelajaran online namun mempunyai rasa ingin tahu terhadap pelajaran
matematika dan tertarik saat guru menyampaikan materi matematika. Subjek tipe
motivasi belajar rendah yang lekas putus asa dalam mengikuti pembelajaran
online, tidak mempunyai rasa ingin tahu terhadap pelajaran matematika namun
merasa tertarik saat guru menyampaikan materi matematika. Sedangkan subjek
tipe kendala belajar tinggi yang mengalami kendala pada jaringan, kuota,
platform, pola pembelajaran, biaya dalam pembelajaran online. Berbeda halnya
dengan subjek tipe kendala belajar sedang dan rendah. Subjek tipe kendala belajar
sedang yang mengalami kendala pada jaringan atau sinyal, platform, pola
pembelajaran. Subjek tipe kendala belajar rendah yang mengalami kendala pada
jaringan, kuota, platform, kemampuan guru, pola pembelajaran, biaya dalam
pembelajaran online.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kendala Belajar, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 07:27
Last Modified: 15 Oct 2024 07:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5546

Actions (login required)

View Item
View Item