Anggaeningati, Melisa Selly (2023) PARTISIPASI SISWA DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMP NEGERI 14 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Melisa Selly Anggaeningati 19210023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Melisa Selly Anggaeningati, NPM 19210023. “Partisipasi siswa dalam
implementasi pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran
Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 14 Semarang”. Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang, 2023.
Latar belakang dari penelitian ini terdapat siswa tidak memperhatikan
penjelasan materi dari guru, siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan materi
dari pada mengemukakan pendapat, dan masih sedikit siswa yang bertanya kepada
guru. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana partisipasi siswa dalam
implementasi pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran
Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 14 Semarang. Sedangkan tujuan penelitian ini
untuk mengetahui partisipasi siswa dalam implementasi pembelajaran problem
based learning pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 14
Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek
pada penelitian ini adalah guru Pendidikan Pancasila dan siswa kelas VII E. Fokus
penelitian ini adalah partisipasi siswa dalam implementasi pembelajaran problem
based learning pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 14
Semarang. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber.
Teknik analisis data penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan yang dilakukan guru
sebelum mengajar yaitu guru membuat modul ajar sebagai pedoman dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran. Implementasi pembelajaran problem based
learning meliputi siswa berdiskusi untuk memcahkan permasalahan tentang kondisi
bangsa Indonesia dan bentuk penerapan nilai-nilai Pancasila dari masa ke masa,
guru membimbing penyelidikan dengan cara mengecek dan membantu siswa dalam
memecahkan permasalahan, siswa mempresentasikan hasil diskusi, dan guru
mengevaluasi hasil kerja kelompok dengan cara membenarkan atau menambahkan
jawaban. Tahap asesmen diagnostik yang dilakukan guru dengan cara memberikan
pertanyan kepada siswa secara lisan dari materi latar sejarah kelahiran Pancasila.
Partispasi siswa dalam implementasi problem based learning meliputi siswa
memperhatikan penjelasan materi, siswa mengajukan pertanyaan, siswa berani
mengemukakan pendapat, mendengarkan pendapat siswa lain dalam diskusi
kelompok, dan siswa dapat mengerjakan tugas kelompok.
Kesimpulan pada penelitian ini bahwa partipasi siswa tergolong tinggi
dalam impelementasi problem based learning. Saran dalam penelitian ini yaitu
sebaiknya guru dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan
sehingga siswa tertarik terhadap permasalahan yang diberikan, dan sebelum
pembelajaran dimulai guru dapat menjelaskan langkah-langkah model
pembelajaran yang akan digunakan
Kata kunci : partisipasi siswa, Implementasi, problem based learning,
pendidikan Pancasila.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:08 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/553 |