PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SENILAI SISWA KELAS IV SD N 2 SEDADI

FITRIYANI, SILFIA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SENILAI SISWA KELAS IV SD N 2 SEDADI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI SILFIA FITRIYANI - 17120238.pdf] Text
SKRIPSI SILFIA FITRIYANI - 17120238.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

SILFIA FITRIYANI. NPM 17120238. ―Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media GeoGebra Terhadap Hasil Belajar
Materi Pecahan Senilai Siswa Kelas IV SD N 2 Sedadi‖, Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Filia Prima Artharina, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr.
Bagus Ardi Saputro, S.Pd., M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar matematika khususnya materi pecahan senilai. Hal tersebut disebabkan
karena guru kurang optimal dalam menerapkan model dan media yang sesuai
dengan situasi di masa pandemi ini khususnya pada pembelajaran Guling (Guru
Keliling). Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran
kooperatif tipe STAD berbantuan media GeoGebra berpengaruh terhadap hasil
belajar materi pecahan senilai siswa kelas IV SD N 2 Sedadi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-
Eksperimental Design dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 2 Sedadi tahun
pelajaran 2021/2022. Sampel yang diambil adalah 32 siswa, dengan menggunakan
teknik Non Probability Sampling dengan teknik sampling jenuh. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentsi.
Karena disini siswa diberikan media pembelajaran inovatif dan menarik
untuk dicoba, tentunya siswa akan lebih senang dalam belajar. Maka dengan
timbulnya rasa senang belajar dan mencoba ini dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Berdasarkan perhitungan maka diperoleh rata-rata pre-test yaitu 48,69 dan
rata-rata posttest 79,79. Berdasarkan analisis uji t diperoleh thitung = 12,9255 dan
ttabel sebesar 1,696. Maka thitung> ttabel yaitu 12,9255 > 1,696 maka HO ditolak dan
Hɑ diterima. Terdapat perbedaan presentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 69%
dilihat dari nilai pre-test memperoleh hasil yaitu 22% dan nilai post-test yaitu
91%, dimana nilai setelah diberi perlakuan telah memenuhi indikator keberhasilan
dalam penelitian ini yaitu ≥85%. Jadi model pembelajaran kooperatif tipe STAD
berbantuan GeoGebra berpengaruh terhadap hasil belajar materi pecahan senilai
siswa kelas IV SD N 2 Sedadi.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
diharapkan guru SD N 2 Sedadi lebih mengoptimalkan kinerja dalam berinovasi
menggunakan atau mengembangkan model dan media pembelajaran yang
menarik dan dapat membuat siswa lebih aktif belajar.
Kata Kunci: STAD, GeoGebra, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 06:57
Last Modified: 15 Oct 2024 06:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5523

Actions (login required)

View Item
View Item