Budiyanti, Ajeng Ivo Alfiyun (2021) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT(AQ). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
AJENG_17310018.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan literasi matematis siswa
SMP dalam menyelesaikan masalah aljabar yang ditinjau dari Adversity Quotient
(AQ) pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Pengambilan
data dilakukan pada siswa kelas VIII A di SMP N 13 Semarang yang dipilih
dengan cara purposive sampling. Subyek yang dipilih dalam penelitian ini yaitu
enam siswa yang terdiri dari dua siswa yang bertipe quitters, dua siswa yang
bertipe campers dan dua siswa yang bertipe climbers. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu angket Advesity Quotient (AQ), tes tertulis dan wawancara
serta dilengkapi dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Keabsahan data
penelitian diuji menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan
triangulasi waktu. Dalam penelitian ini berbantuan software QSR Nvivo guna
untuk membantu mengolah data dan menganalisis data hasil penelitian. Hasil
dalam penelitian ini menunjukkan: (1) Subyek quitters kurang lengkap dalam
merumuskan masalah secara matematis; subyek quitters kurang maksimal dalam
menggunakan konsep, fakta, prosedur dan penalaran untuk memperoleh solusi;
subyek quitters kurang mampu dalam menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi
hasil perhitungan. Sehingga, subyek quitters kurang mampu dalam proses tahapan
literasi matematis. (2) Subyek campers mampu dalam merumuskan masalah
secara matematis; subyek campers kurang maksimal dalam menggunakan konsep,
fakta, prosedur dan penalaran untuk memperoleh solusi; subyek campers kurang
kurang mampu dalam menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil
perhitungan. Sehingga, subyek campers cukup mampu dalam proses tahapan
literasi matematis. (3) Subyek climbers mampu dalam merumuskan masalah
secara matematis; subyek climbers mampu dalam menggunakan konsep, fakta,
prosedur dan penalaran untuk memperoleh solusi; subyek climbers mampu dalam
menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil perhitungan. Sehingga, subyek
climbers mampu dalam proses tahapan literasi matematis.
Kata Kunci: Literasi Matematis, Masalah Aljabar, Advesity Quotient
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 06:55 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 06:55 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5522 |