RANCANG BANGUN SISTEM SUSPENSI DEPAN PADA MOBIL LISTRIK TIPE FORMULA

NUGROHO, SEPTIYANTO AJI (2021) RANCANG BANGUN SISTEM SUSPENSI DEPAN PADA MOBIL LISTRIK TIPE FORMULA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI SEPTIYANTO AJI NUGROHO 15650053.pdf] Text
SKRIPSI SEPTIYANTO AJI NUGROHO 15650053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hasil simulasi pada rangka utama yaitu -16,79 N fx, 0,81435 N fy, 2,33805e-
002 N fz untuk depan atas 1, -10,8945 N fx, 31,94 N fy, -7,2815e-002 N fz untuk
depan atas 2, 25,032 N fx, -17,007 N fy, -0,204 N fz untuk depan bawah 1, 44,64
N fx, 78,79 N fy, 0,532 N fz untuk depan bawah 2, -11,607 N fx, -33,81 N fy, -
0,158 N fz untuk suspensi pada pembebanan sebesar 62,9 kg kg untuk
pembebanan ke dua utama yaitu -18,63 N fx, 9,06 N fy, 2,60195e-002 N fz untuk
depan atas 1, 12,215 N fx, 45,548 N fy, -8,10355e-002 N fz untuk depan atas
27,85 N fx, -18,927 N fy, 0,227 N fz untuk depan bawah 1, 49,68 N fx, 87,68 N
fy, 0,59 N fz untuk depan bawah 2, -12,91 N fx, -4,305 N fy, -0,175 N fz untuk
suspensi pada pembebanan sebesar 70 kg. Sedangkan pada pembebanan 80 kg
yaitu -21,28 N fx, 1,035 N fy, 2,97e-002 N fz untuk depan atas 1, -13,85 N fx,
40,62 N fy, 0,9261e-002 N fz untuk depan atas 2, 31,83 N fx, -21,631 N fy, -
0,259 N fz untuk depan bawah 1, 56,78 N fx, 100,21 N fy, 0,677 N fz untuk depan
bawah 2, -14,76 N fx, -4,92 N fy, 0,201 N fz untuk suspensi. Hasil simulasi pada
suspension depan atas yaitu 35,129 N fx, -41,654 N fy, -3,896e-002 NFz untuk
pemembanan awal sebesar 62,9 kg dan 27,62 N fx, -32,749 N fy, -1,6099e-002
N Fz untuk pemembanan awal sebesar 80 kg. Hasil simulasi pada suspensi depan
bawah yaitu fx, -58,065 N fy, -57,964 N Fz -0,16801 N untuk pemembanan awal
sebesar 62,9 kg dan -73,87 N fx, -73,658 N fy, -0,609 N Fz untuk pemembanan
awal sebesar 80 kg. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa arm suspensi depan dengan tegangan 0,81905 dan 1,2197, deformasi
0,0015773 dan 0,0027383 mampu untuk menahan beban sebesar 62,9 kg dan 80
kg dengan ditunjukkan nilai safety factor yaitu 305,2317 dan 204,9684 Dari nilai
ini juga dapat disimpulkan bahwa masih terdapat kemungkinan yang cukup besar
dalam pengembangan dimensi rangka yang lebih kecil dan ringan agar dapat
mengurangi beban secara keseluruhan.
Kata kunci : Suspensi, beban, Fx, Fy, Fz

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Teknik Mesin
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 06:44
Last Modified: 15 Oct 2024 06:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5510

Actions (login required)

View Item
View Item