ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS IV MI MIFTAHUSSHIBYAN KABUPATEN JEPARA

HANAUNNADIYA, FIKY (2021) ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS IV MI MIFTAHUSSHIBYAN KABUPATEN JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FIKY HANAUNNADIYA.pdf] Text
FIKY HANAUNNADIYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FIKY HANAUNNADIYA. NPM 17120307. “Analisis Pendidikan Karakter
Disiplin Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV MI Miftahusshibyan
Kabupaten Jepara”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2021. Dosen Pembimbing
I Dr. Ir. Anita Chandra Dewi Sagala, M.Pd., Dosen Pembimbing II Drs. Suyitno,
M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hambatan yang
dialami oleh guru dan orang tua siswa yang menyatakan bahwa pembelajaran
daring yang masih belum berjalan baik. Hal ini berkaitan dengan peran siswa
yang belum bisa dimaksimalkan.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah implementasi pendidikan
karakter disiplin pada pembelajaran daring siswa kelas IV MI Miftahusshibyan
kabupaten Jepara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan
mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter disiplin pada
pembelajaran daring siswa kelas IV MI Miftahusshibyan kabupaten Jepara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan naturalistik, karena penelitian dilakukan pada kondisi alamiah. objek
penelitian ini adalah MI Miftahusshibyan kabupaten Jepara, serta yang menjadi
subjek alam penelitian adalah siswa kelas IV MI Miftahusshibyan dengan
responden sebagai salah satu sumber data yaitu orang tua siswa dan guru kelas IV.
Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner (google form), wawancara, observasi,
dan dokumentasi.
Hasil analisis dari implementasi pendidikan karakter disiplin oleh siswa
kelas IV menunjukkan hasil yang baik yang mengacu pada 3 aspek yaitu aspek
kepatuhan proses belajar mengajar, aspek kepatuhan tata tertib, dan aspek
ketaatan pada jam belajar. Hal tersebut berdasarkan hasil kuesioner 19 orang tua
siswa diperoleh hasil 84,7%, hasil observasi oleh peneliti 68,4%, dan hasil
wawancara dengan guru kelas yang menyatakan kedisiplinan siswa hanya cukup
diperbaiki dengan meningkatkan semangat belajar. Meskipun kedisiplinan
dilaksanakan oleh siswa dengan cukup baik, namun masih ada beberapa aktivitas
yang memperlihatkan ketidakdisiplinan salah satunya yang banyak adalah terkait
ketepatan waktu. Dengan melihat hasil dari data penelitian menunjukkan bahwa
sikap tidak disiplin yang diperlihatkan beberapa siswa dikarenakan rasa malas dan
keterbatasan media pembelajaran yang digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu
diharapkan terus mengevaluasi dan memperbaiki sistem pembelajaran daring dan
memaksimalkan pembelajaran dan disiplin siswa, serta memantau perkembangan
dan aktivitas siswa guna pendidikan karakter disiplin dapat terimplementasi dalam
kondisi apapun

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 06:42
Last Modified: 15 Oct 2024 06:42
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5507

Actions (login required)

View Item
View Item