YUSUF, AHMAD ROHMAN (2021) ANALISIS PERAN ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH DI PEMUKIMAN PADAT INDUSTRI KABUPATEN JEPARA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
AHMAD ROHMAN YUSUF.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
AHMAD ROHMAN YUSUF, NPM 17120099 “Analisis Peran Orangtua
dalam Mendampingi Anak Belajar dari Rumah di Pemukiman Padat Industri
Kabupaten Jepara pada Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi Universitas PGRI
Semarang 2021. Dosen Pembimbing I Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh., M.Pd. dan
Pembimbing II Filia Prima A., S.Pd., M.Pd.
Latar belakang penelitian ini yaitu adanya beberapa permasalahan yang
terjadi pada pelaksanaan pendampingan belajar ketika pembelajaran dilaksanakan
dari rumah masing-masing terkhusus pendampingan belajar di pemukiman padat
industri Kabupaten Jepara pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bentuk penerapan pendampingan belajar orangtua ke anak-anak
sekolah dasar yang baik dan tepat pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara, angket serta dokumentasi, penelitian ini dilakukan
di pemukiman padat industri Kabupaten Jepara tepatya di Desa Mulyoharjo
Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara.
Permasalahan dalam penelitian ini dikareakan banyaknya keluh kesah
proses pendampingan belajar dari orangtua yang selama pembelajaran daring yang
dilaksanakan di rumah masing-masing pada masa pandemi Covid-19. Hal ini
sudah pasti menjadi masalah umum untuk semua orangtua yang melaksanakan
proses pendampinan belajar, namun untuk penelitian ini permasalahan semakin
berat dirasakan peserta didik khususnya peserta didik yang tinggal di pemukiman
padat industri Kabupaten Jepara. Permasalahan pendampingan belajar sebelum
pandemi Covid-19 juga sudah dirasa sangat jarang dilakukan oleh orangtua,
apalagi pendampingan belajar yang dilaksanakan pada pandemi Covid-19 saat ini,
otomatis orangtua semakin kurang waktunya untuk melaksanakan pendampingan
belajar ke anak. Khususnya untuk peserta didik sekolah dasar yang sangat
membutuhkan pendampingan belajar pada masa pandemi Covid-19 saat ini.
Berdasarkan temuan hasil analisis penelitian dan pembahasan dapat
disimpulkan dari hasil penelitian oleh Penulis bahwa dampak Covid-19 pada
pelaksanaan pembelajaran daring sangat merepotkan orangtua siswa khususnya
orangtua siswa yang anaknya masih bersekolah di tingkat sekolah dasar.
Dikarenakan orangtua yang sibuk bekerja serta keterbatasan waktu untuk
pendampingan belajar anaknya menjadi pemicu kendala besar pada pelaksanaan
pendampingan belajar pada masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian
saran yang dapat disampaikan yakni berupa solusi-solusi ketika ketika
pelaksanaan pendampingan belajar yang dilakukan oleh orangtua ketika
pembelajaran dilaksanakan di rumah masing-masing. Salah satunya jika orangtua
sibuk hingga tidak bisa untuk mendampingi anaknya dalam belajar, maka
orangtua tersebut dapat memberikan pendampingan belajar anaknya ke tempat
bimbingan belajar di dekat-dekat rumah atau juga dapat memanggil guru privat
untuk membelajari anaknya untuk datang ke rumah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 06:34 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 06:34 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5496 |