ANALISIS KEMAMPUAN TEKNIK MENGGAMBAR DENGAN ANGKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 02 MANGGUNGMANGU

MIFTAKHUDIN, AHMAD (2021) ANALISIS KEMAMPUAN TEKNIK MENGGAMBAR DENGAN ANGKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 02 MANGGUNGMANGU. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of AHMAD MIFTAKHUDIN.pdf] Text
AHMAD MIFTAKHUDIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

AHMAD MIFTAKHUDIN. NPM 16120293. Analisis Kemampuan Teknik
Menggambar Dengan Angka Pada Siswa Kelas III SD Negeri 02
Manggungmangu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2020.
Pada pembelajaran SBdP di SD N 02 Manggungmangu guru kurang
optimal dalam mengembangkan keterampilan menggambar siswa dikarenakan
ketidaktahuannya tentang cara yang mudah diaplikasikan dalam pembelajaran.
Sehingga guru lebih sering menggunakan tema atau menugasi siswa menggambar
dengan meniru benda di sekitar. Fokus penelitian ini adalah bagaimanakah
kemampuan menggambar siswa kelas III SD N 02 Manggungmangu dengan
teknik menggambar dengan angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
dan menganalisis kemampuan menggambar siswa kelas III SD N 02
Manggungmangu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 02 Manggungmangu dengan 10
sampel yang terdiri dari 5 sampel siswa yang memiliki kemampuan menggambar
dengan baik dan 5 siswa kurang bisa menggambar. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas III SD N 02
Manggungmangu memiliki kemampuan yag baik setelah diberikan perlakuan
menggambar dengan teknik menggambar angka. Terlihat dari hasil gambar siswa
mampu menggambar angka 0 hingga 9 menjadi gambar yang menarik dengan
proporsi yang tepat, penggunaan warna yang cocok serta dari aspek lancar siswa
mampu menuangkan idenya menghasilkan gambar yang variatif berbeda sebelum
siswa mengetahui teknik menggambar menggunakan angka. Aspek rinci diperoleh
hasil bahwa siswa sudah mampu menghasilkan gambar dengan angka lebih
banyak daripada sebelumnya serta pada aspek asli menunjukkan siswa sudah
mampu membuat gambar tanpa adanya bantuan atau arahan dari guru dalam
menentukan obyek yang akan digambar. Sehingga hal ini menunjukkan adanya
peningkatan kemampuan kreativitas siswa dalam menghasilkan obyek gambar
dengan teknik menggambar angka. Sebaiknya dalam penelitian selanjutnya siswa
digolongkan dalam beberapa kelompok yang berbeda dalam pembagian angka
yang akan digambar untuk meminimalisir terjadinya kesamaan obyek yang
digambar.
Kata Kunci: Teknik menggambar, Angka, dan siswa SD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 06:16
Last Modified: 15 Oct 2024 06:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5492

Actions (login required)

View Item
View Item