Maulana, Rizal (2021) TINGKAT KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PENJASORKES SMA/SMK KELAS XI SE KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG 2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI RIZAL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Rizal Maulana. “Tingkat Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Daring
Penjasorkes SMA/SMK Kelas XI Se Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang
Tahun 2021”. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan.Univeristas
PGRI Semarang, 2021.
Latar belakang pada penelitian ini adalah kendala yang dialami siswa di
kecamatan Taman kabupaten pemalang dalam pembelajaran daring akibat
pandemic Covid-19, masih banyaknya siswa yang terkendala fasilitas mulai dari
kuota internet, efisiensi waktu belajar. Oleh karena itu perlu adanya gambaran
mengenai kesulitan yang di alami siswa selama proses pembelajaran daring mata
pelajaran penjasorkes. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui gambaran
kesulitan siswa dalam pembelajaran penjasdi SMA/SMK se Kecamatan Taman
Kabupaten Pemalang.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan
menggunakan metode survey yang dilakukan secara online. Pengumpulan data
pada penelitian ini dengan secara langsung terhadap sumbernya (data primer)
yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner (angket) melalui Google
Form kepada siswa.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa siswa SMA/SMK kelas
XI se Kecamatan Taman pada masa pandemi Covid-19 ini sebanyak65% siswa
menyatakan setuju melakukan pembelajaran penjasorkes secara daring. Dari
hasil tersebut menunjukan bahwa siswa merasa setuju dengan metode
pembelajaran daring untuk mata pelajaran penjas secara daring.
Simpulan penelitian ini menunjukan bahwa 56% siswa sma/smk se
kecamatan pemalang mengalami “kesulitan” dalam pembelajaran daring, pada
kategori “Tinggi”, 29% siswa dengan tingkat kesilitan “sangat tinggi”, 13%
siswa dengan tingkat kesulitan “sedang” dan 2% siswa menyatakan bahwa
pembelajaran daringtidak mempengaruhi tingkat kesulitan dalam pembelajaran
penjas dapat dikatakan “Rendah”
Kata kunci :tingkat kesulitan siswa, pembelajaran daring, penjasorke
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 06:17 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 06:17 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5491 |