ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI SEGI BANYAK UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DI SEMARANG

GOFUR, AHMAD (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI SEGI BANYAK UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of AHMAD GOFUR.pdf] Text
AHMAD GOFUR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ahmad Gofur. NPM 15120127. “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis
pada Materi Segi Banyak Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Ryky Mandar Sary, S.Pd.,M.Pd. dan Joko Sulianto,
S.Pd, M.Pd. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya nilai
matematika siswa dibanding dengan nilai mata pelajaran lain. Berdasarkan hasil
wawancara terhadap guru kelas, rendahnya nilai matematika disebabkan oleh: (1)
siswa belum hafal perkalian, (2) daya ingat siswa lemah, (3) siswa pasif saat
pembelajaran berlangsung, (4) siswa cenderung diam ketika mengalami kesulitan saat
mengerjakan soal, dan (5) ada beberapa materi yang tidak dapat dinalar.
Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah:
(1) bagaimanakah persentase kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV SDN
Tlogomulyo Semarang?
(2) Bagaimanakah klasifikasi kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV SD N
Tlogomulyo Semarang pada materi segi banyak?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendskripsikan
persentase kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV SD N Tlogomulyo
Semarang pada materi segi banyak dan untuk mendeskripsikan klasifikasi
kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV S N Tlogomulyo Semarang pada
materi segi banyak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah
nilai tes kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV SDN Tlogomulyo Tahun
Pelajaran 2019/2020. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN
Tlogomulyo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Hasil analisis data nilai tes kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV SD
N Tlogomulyo menunjukan bahwa klasifikasi kemampuan penalaran matematis siswa
setelah mengerjakan tes diperoleh 8% siswa yang kemampuan penalaran
matematisnya sangat rendah. 28% siswa tergolong berkemampuan rendah, 33% siswa
berkemampuan sedang, 30% siswa memiliki kemampuan penalaran matematis yang
tinggi serta 3% siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis yang sangat
tinggi. Kesimpulannya secara klasikal, kemampuan penalaran matematis siswa kelas
IV SD N Tlogomulyo tergolong sedang dengan persentase rata-rata skor 62.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, maka saran yang dapat
disampaikan adalah sebagai berikut: (1) bagi siswa diharapkan hasil penelitian ini
dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk senantiasa belajar dan
memperbaiki ketidak pahaman pada materi segi banyak. (2) Bagi guru data dari hasil
penelitian ini bisa digunakan sebagai acuan dalam memperbaiki pembelajaran yang
selama ini telah diterapkan. Hasil penelitian ini juga bisa digunakan sebagai data awal
penyusunan strategi pada pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:57
Last Modified: 15 Oct 2024 04:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5486

Actions (login required)

View Item
View Item