ANALISIS PERAN LAGU NASIONAL DALAM PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SD NEGERI KETANGGAN 04 KABUPATEN BATANG

REFIANA, RISKA (2021) ANALISIS PERAN LAGU NASIONAL DALAM PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SD NEGERI KETANGGAN 04 KABUPATEN BATANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI RISKA REFIANA 17120088.pdf] Text
SKRIPSI RISKA REFIANA 17120088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

RISKA REFIANA NPM 17120088 “Analisis Peran Lagu Nasional
Dalam Pembentukan Nilai Karakter Siswa di Lingkungan Sekolah SD Negeri
Ketanggan 04 Kabupaten Batang”, Skripsi. Pembimbing I Bapak Sunan
Baedhowi, S.H.I, M.S.I. pembimbing II Ibu Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang.
Konteks penelitian ini adalah masih rendahnya pemahaman mengenai lagu
nasional dan nilai karakter siswa di lingkungan sekolah, beberapa siswa masih
sedikit dalam mengenal lagu nasional serta pembiasaan menyanyikan lagu
nasional sebagai pembentukan nilai karakter siswa di lingkungan sekolah. siswa
cenderung lebih mengenal lagu modern yang liriknya kurang sesuai dengan
perkembangan siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran
lagu nasional dalam pembentukan nilai karakter siswa di lingkungan sekolah SD
Negeri Ketanggan 04 Kabupaten Batang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis peran lagu nasional dalam pembentukan nilai karakter siswa di
lingkungan sekolah SD Negeri Ketanggan 04 Kabupaten Batang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini diperoleh dengan mengamati dan melakukan wawancara kepada
kepala sekolah dan guru. Dalam penelitian ini ialah indikator nilai karakter,
mengunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket,
dokumentasi. Data dianalisis dengan mendiskripsikan dan menelaah seluruh nilai
karakter siswa yang penulis peroleh melalui data wawancara kepala sekolah, guru,
angket siswa kelas III dan IV, serta dokumentasi. Selanjutnya menyimpulkan hasil
analisis karakter siswa melalui lagu nasional di SD Negeri Ketanggan 04
Kabupaten Batang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar siswa sulit menghafal
lagu nasional dikarenakan anak-anak lebih menghafal lagu pop dan lagu barat
serta kurangnya pembiasaan menyanyikan lagu nasional sebagai pembentukan
nilai karakter siswa di lingkungan sekolah, namun setelah dilakukan pembiasaan
sebelum dan sesudah pembelajaran menyanyikan lagu nasional siswa mampu
memahami makna dari lagu nasional serta penanaman nilai karakter di lingkungan
sekolah. Lagu nasional berperan sebagai sebagai media pembelajaran,
meningkatkan kecerdasan intelektual, memberikan motivasi, sebagai sarana
hiburan dan sosial. Hal ini dapat dilihat dari integrasinya nilai-nilai karakter siswa
pada saat pembelajaran dikelas maupun di luar kelas. setelah melakukan
kebiasaan tersebut dapat meningkatkan dan membentuk karakter siswa menjadi
lebih baik melalui lagu nasional dan Mars PPK.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan adalah perlu
adanya pembiasaan setiap pagi sebelum masuk kelas siswa diputarkan lagu
nasional dan Mars PPK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:48
Last Modified: 15 Oct 2024 04:48
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5477

Actions (login required)

View Item
View Item