STRATEGI PEMASARAN UMKM KEDAI MINUMAN “CHEAP-CHEAP” DI KOTA SEMARANG JAWA TENGAH

MURNIWATI, AGUSTINA (2021) STRATEGI PEMASARAN UMKM KEDAI MINUMAN “CHEAP-CHEAP” DI KOTA SEMARANG JAWA TENGAH. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of agustina murni.pdf] Text
agustina murni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Industri UMKM di Indonesia sebelum adanya pandemi mengalami
peningkatan yang cukup signifikan. Hal itu ditandai dengan munculnya berbagai
macam usaha kuliner yang salah satunya kedai minuman. Banyaknya usaha yang
sama membuat persaingan antar usaha semakin ketat, agar dapat mengahadapi
persaingan yang ada terlebih pada situasi pandemi seperti ini, maka perlu dilakukan
strategi yang tepat. Strategi yang dilakukan untuk mengatasi persaingan industri yaitu
Analisis SWOT. Tujuan penelitian ini untuk memberikan solusi kepada kedai Cheap-
Cheap agar dapat mengatasi persaingan ditengah situasi pandemi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa kedai Cheap-Cheap memiliki banyak kekuatan serta kelemahan
dari internalnya. Pada analisis SWOT ini menggunakan aspek IFAS dan EFAS untuk
mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang ada pada kedai
Cheap-Cheap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedai cheap-cheap perlu
memaksimalkan penggunaan sosial media pada saat pandemi ini untuk promosi
usahanya, agar lebih menarik konsumen sehingga tetap mendapatkan pendapatan dan
usahanya tidak gulung tikar.
Kata kunci: analisis SWOT, industri UMKM, strategi pemasaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Teknologi Pangan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:43
Last Modified: 15 Oct 2024 04:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5474

Actions (login required)

View Item
View Item