PRATMA, AGUSTA YOGA (2021) PENGARUH LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA 1 TEMA 2 KELAS V SD NEGERI 01 TLOGOREJO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
AGUSTA YOGA PRATAMA_16120268.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
AGUSTA YOGA PRATAMA. NPM 16120268. “Pengaruh Learning
Start With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema 1 Tema 2
Kelas V SD Negeri 01 Tlogorejo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Veryliana Purnamasari S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing II Sukamto, S.Pd., M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya nilai
harian pada pelajaran tema 2 yaitu “Udara Bersih Bagi Kesehatan” Subtema 1
“Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih”, dari keseluruhan jumlah peserta didik
kelas VA yaitu 20 peserta didik hampir setengah dari jumlah mendapatkan nilai
dibawah KKM yaitu 75. Hal tersebut disebabkan karena peserta didik masih
merasa kesulitan dalam pemahaman materi pada tema 2 subtema 1, selain itu pada
proses pembelajaran guru belum menggunakan strategi pembelajaran didalam
pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah strategi pembelajaran
Learning Start With A Question (LSQ) berpengaruh terhadap hasil belajar tema 2
subtema 1 pada peserta didik kelas VA SDN 01 Tlogorejo ? Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap hasil
belajar peserta didik kelas VA di SD Negeri 01 Tlogorejo.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan
rancangan penelitian yaitu Pre Experimental Design bentuk one group pretest-
posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VA SDN 01
Tlogorejo tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil adalah 20 peserta
didik kelas VA yang menggunakan teknik Sampling Jenuh. Data dalam penelitian
ini diperoleh melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik tes. Berdasarkan hasil
analisis data, diketahui bahwa rata-rata nilai hasil posttest lebih tinggi dari pada
rata-rata nilai pretest (82,6>70,5). Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 1,230971
ttabel = 2,086 pada taraf signifikansi 5%. Karena thitung > ttabel, yaitu 1,230971 >
2,086 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) berpengaruh
terhadap hasil belajar tema 2 subtema 1 pada peserta didik kelas VA SDN 01
Tlogorejo.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:40 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:40 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5473 |