HANDAYANI, RIKA DWI (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP SISWA KELAS V DI SDN KALIKONDANG 4 DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI RIKA DWI HANDAYANI (17120281) 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
RIKA DWI HANDAYANI. NPM 17120281. “Analisis Pembelajaran Melalui
Media Sosial WhatsApp Siswa Kelas V Di SDN Kalikondang 4 Demak”.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah disebabkan adanya
pandemi COVID-19 yang terjadi di seluruh Indonesia. Pandemi ini berdampak
ke semua aspek kehidupan, baik perekonomian, bidang kesehatan dan
pendidikan. Terutama dibidang pendidikan yang harus mendapatkan perhatian
khusus agar tidak berdampak buruk. Dalam pembelajaran jarak jauh proses
pembelajaran melalui WhatsApp kurang efektif jika diterapkan di wilayah desa
sebab terdapat berbagai kendala.Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1)
Bagaimana penggunaan WhatsApp pada pembelajaran di SDN Kalikondang 4
Demak?, 2) Apakah penggunaan WhatsApp dapat digunakan secara efektif
dalam pembelajaran daring di kelas V SDN Kalikondang 4 Demak?, 3)
Apakah terdapat kesulitan pada siswa kelas V SDN kalikondang 4 Demak
dalam pembelajaran daring melalui media sosial WhatsApp? Tujuan yang
hendak dicapai untuk mengetahui pembelajaran melalui media sosial
WhatsApp siswa kelas V Di SDN Kalikondang 4 Demak dilihat pada proses
belajar jarak jauh.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SDN
Kalikondang 4 Demak, dengan mengambil sampel siswa kelas V. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui hasil wawancara, observasi, dan angket. Hasil
dari penelitian ini bahwa hasil analisis yang telah dilakukan berkaitan dengan
proses pembelajaran yang dilakukan melalui media sosial WhatsApp siswa
kelas V di SDN Kalikondang 4 Demak dibuktikan dari hasil yang telah
dilakukan oleh peneliti bahwa dalam penggunaan WhatsApp sebagai proses
pembelajaran hanya digunakan sebagai pemberian informasi tugas saja, untuk
pengumpulan tugas siswa datang ke sekolah dan pembelajaran menggunakan
WhatsApp juga kurang efektif dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. Hal
ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya penjelasan materi
dari guru, banyak siswa yang tidak paham materi pembelajaran, rendahnya
aspek afektif dan psikomotorik pada pembelajaran, sinyal internet, kesibukan
orang tua dan latar belakang pendidikan orang tua dan sebagainya. Saran yang
dapat penulis sampaikan adalah guru kedepannya diharapkan menggunakan
media pembelajaran yang lain untuk membantu menjelaskan materi yang dapat
mempermudah pemahaman siswa agar pembelajaran dapat berlajalan secara
efektif, mampu menciptakan motivasi belajar yang tinggi untuk siswa,
kerjasama yang baik antara guru, siswa serta orang tua agar pembelajaran
dapat terlaksana dengan lancar.
Kata Kunci: Analisis, Media Sosial, WhatsApp, Pembelajaran daring
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:44 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:44 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5472 |