RISTIADI, AGUS (2021) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI TEMBANG MACAPAT DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Agus Ristiadi(16120217) (2).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
AGUS RISTIADI NPM 16120217. “Pendidikan Karakter Melalui Tembang
Macapat di Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing
I Ari Widyaningrum, S.Pd., MPd., Dosen Pembimbing II Drs. Suyitno, M.Pd.
Konteks penelitian ini yakni perkembangan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi (IPTEK) menyebabkan kebudayaan bangsa yang mengandung
keluhuran budi, kini telah digantikan dengan kebudayaan-kebudayaan asing yang
tidak sesuai dengan karakter bangsa Indonesia, maka untuk mengatasi
permasalahan ini diimplementasikan pendidikan karakter melalui tembang
macapat pada pelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar, hal ini bertujuan untuk
meningkatkan karakter siswa menjadi lebih baik serta melestarikan budaya Jawa.
Hal ini memudahkan peneliti penelitian ini untuk menganalisis lebih dalam nilai-
nilai karakter dalam tembang Macapat sebagai pengembangan nilai karakter
bangsa.
Fokus dalam penelitian ini yaitu nilai-nilai pada tembang macapat yang
diimplementasikan melalui pendidikan karakter pada saat mata pelajaran Bahasa
Jawa. Dari fokus penelitian tersebut maka dapat disusun fokus permasalahan yaitu
“Bagaimana pendidikan karakter melalui tembang macapat di Sekolah Dasar?”..
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan analisis
pendidikan tembang macapat sebagai pembentukan nilai karakter siswa sekolah
dasar .
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, studi kepustakaan dan
analisis, dengan menggunakan subjek penelitian data sekunder yang diperoleh
dari dokumen-dokumen yang berupa jurnal Santoso (2016), Wiratama dkk (2014),
Sarifuddin,Winarto (2020), Subrata (2016), Sarifuddin,Winarto (2019) serta
menggunakan keabsahan data trianggulasi teknik.
Hasil analisis dari data yang diperoleh bahwa Tembang Macapat dapat
digunakan sebagai alternatif untuk menerapkan pendidikan karakter pada peserta
didik. Hal ini disebabkan karena nilai yang terkandung di dalam Tembang
Macapat sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam nilai-nilai pendidikan
budaya dan karakter bangsa. Nilai-nilai tersebut yaitu religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar
membaca, peduli lingkungan, peduli sosial serta tanggung jawab. Dengan
demikian nilai-nilai tersebut mengajarkan mengenai, setiap individu harus
memiliki moral yang baik dalam menjalankan kehidupannya. Sehingga dapat
meningkatkan karakter peserta didik menjadi pribadi yang lebih baik serta
menambah pengetahuan peserta didik mengenai makna yang terdapat pada nilai-
nilai tembang macapat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:38 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:38 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5469 |