AZHAD, MOCH. SYAFIQURRIJAL (2021) PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS IV SD NEGERI PADARAN KECAMATAN REMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
skripsi rijal.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Moch. Syafiqurrijal Azhad. NPM 17120398. “Pengaruh Minat Baca Terhadap
Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV SD Negeri Padaran Kecamatan
Rembang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing I Prof. Dr. A.Y.
Soegeng Ysh., M.Pd. Dosen pembimbing II Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya minat
baca dan kemampuan membaca siswa kelas IV SD Negeri Padaran, dan kurang
optimalnya perpustakaan sekolah yang ada.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang
signifikan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV
SD Negeri Padaran Kecamatan Rembang. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui adanya pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan
membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Padaran Kecamatan Rembang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian ex-post facto. Variabel dalam penelitian ini yaitu minat baca dan
kemampuan membaca. Populasi penelitiannya yaitu seluruh siswa kelas IV SD
Negeri Padaran yang berjumlah 30 siswa. Sampel yang digunakan adalah seluruh
siswa kelas IV dengan menggunakan teknik nonprobability sampling jenis
sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes dan angket.
Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik inferensial yaitu
dengan mengunakan uji signifikansi (uji t).
Hasil penelitian uji statistik deskriptif pada variabel minat baca
menunjukkan bahwa jumlah terbanyak yaitu 14 siswa (47%) yang berada dalam
kategori kurang, dan hasil pada variabel kemampuan membaca menunjukkan
bahwa jumlah terbanyak yaitu 12 siswa (40%) yang berada dalam kategori
kurang. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 10,706.
Jadi dapat diketahui bahwa thitung (10,706) > ttabel (2,052), dengan nilai signifikansi
0,00 yang mana 0,00 < 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman
siswa kelas IV SD Negeri Padaran Kecamatan Rembang.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah agar
lebih meningkatkan minat baca siswa karena berpengaruh terhadap kemampuan
membacanya yang tentunya berguna untuk memperoleh ilmu pengetahuan atau
informasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:38 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:38 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5468 |