ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

ARDIANSYAH, MUHAMMAD RICKY (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI RICKY 17310131.pdf] Text
SKRIPSI RICKY 17310131.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Menurut Fisher berpikir kritis adalah aktivitas (terampil), yang bisa
dilakukan dengan lebih baik atau sebaliknya, dan pemikiran kritis yang baik akan
memenuhi beragam standar intelektual, seperti kejelasan, relevansi, kecukupan,
koherensi, dan lain-lain. Berpikir kritis menuntut interpretasi, evaluasi terhadap
observasi, komunikasi, dan sumber-sumber informasi lainnya serta menuntut
keterampilan dalam memikirkan asumsi-asumsi, mengajukan pertanyaan-
pertanyaan yang relevan serta memikirkan dan memperdepatkan isu-isu secara
terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan
berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan
kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas X OTKP 1 SMP N 1 Kudus
yang masing-masing memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi, sedang dan
rendah. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen
bantu yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data
menggunakan triangulasi metode, yaitu dengan membandingkan hasil tes
kemampuan berpikir kritis dengan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan:
(1) siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi mampu memenuhi
semua indikator kemampuan berpikir kritis, (2) siswa yang memiliki kemampuan
penalaran matematis sedang memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis namun
pada indikator strategi dan evaluasi masih kurang memenuhi, dan (3) siswa yang
memiliki kemampuan penalaran matematis rendah hanya mampu memenuhi pada
indikator interpretasi dan inferensi.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:34
Last Modified: 15 Oct 2024 04:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5463

Actions (login required)

View Item
View Item