ULYA, FARIHAH INAYATUL (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA SUBTEMA 1 SUMBER ENERGI KELAS 3 SD NEGERI MOJOAGUNG 01 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FARIHAH INAYATUL ULYA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
FARIHAH INAYATUL ULYA. NPM 17120197. “Pengembangan Media Video
Berbasis Model Discovery Learning pada Tema 6 Energi dan Perubahannya
Subtema 1 Sumber Energi Kelas 3 SD Negeri Mojoagung 01 Pati”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah mengembangkan
media video yang berbasis model discovery learning yang valid, praktis, dan
efektif. Hal tersebut disebabkan karena dalam video pembelajaran belum
menggunakan model pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kevalidan media
video berbasis model discovery learning pada tema 6 energi dan perubahannya
subtema 1 sumber energi kelas 3 SD Negeri Mojoagung 01 Pati ?, 2) Bagaimana
kepraktisan media video berbasis model discovery learning pada tema 6 energi
dan perubahannya subtema 1 sumber energi kelas 3 SD Negeri Mojoagung 01 Pati
?, 3) Bagaimana keefektifan media video berbasis model discovery learning pada
tema 6 energi dan perubahannya subtema 1 sumber energi kelas 3 SD Negeri
Mojoagung 01 Pati ?.
Jenis penelitian ini adalah research and development (r&d). Langkah-
langkah untuk mengembangkan media video berbasis model discovery learning
menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas 3 SD Negeri Mojoagung 01 Pati tahun pelajaran 2020/2021. Sampel
yang diambil adalah 24 siswa kelas 3 dengan menggunakan media video berbasis
model discovery learning berbentuk sampling jenuh. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui tes, kinerja, dokumentasi, observasi, dan angket.
Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata persentase 92% dari ahli media
I 90%, ahli media II 91%, ahli media III 95% sudah layak digunakan tanpa revisi.
Hasil yang diperoleh ahli dengan rata-rata persentase 95% dari ahli materi I 96%,
ahli materi II 94%, ahli materi III 96% sudah layak digunakan tanpa revisi. Hasil
analisis menunjukkan bahwa kepraktisan media diperoleh dari angket tanggapan
guru kelas III SD Negeri Mojoagung 01 Pati terhadap media video berbasis model
discovery learning 97% dengan kriteria ”sangat baik”. Hasil analisis
menunjukkan bahwa keefektifan media diperoleh dari angket tanggapan siswa
serta hasil belajar siswa berupa posttest dan kinerja. Hasil yang diperoleh dari
angket tanggapan siswa kelas III SD Negeri Mojoagung 01 Pati terhadap media
video berbasis model discovery learning 99% dengan kriteria “sangat baik”.
Hasil yang diperoleh dari hasil belajar siswa berupa posttest dan kinerja sebanyak
24 siswa 100% siswa mencapai nilai diatas KKM 65.
Berdasarkan hasil penelitian ini, media video berbasis model discovery
learning valid, praktis, dan efektif digunakan pada tema 6 energi dan
perubahannya subtema 1 sumber energi pembelajaran 3 sebagai salah satu
alternatif guru dalam mengajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:33 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:33 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5461 |