POLA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA PADA KONSEP BIOLOGI DI KABUPATEN DEMAK JAWA TENGAH

Kharismawati, Agita (2021) POLA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA PADA KONSEP BIOLOGI DI KABUPATEN DEMAK JAWA TENGAH. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of AGITA KHARISMAWATI_17320013_SKRIPSI.pdf] Text
AGITA KHARISMAWATI_17320013_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa pada konsep biologi merupakan
kemampuan berpikir yang sangat harus dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pola kemampuan pemecahan masalah siswa SMA pada konsep biologi di
Kabupaten Demak Jawa Tengah. Jumlah populasi dalam penelitian adalah 648 siswa
SMA Negeri kelas XI dengan 3 sampel SMA Negeri di Kabupaten Demak. Teknik
sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Proportionate Stratified Random
Sampling. Metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan tes kemampuan
pemecahan masalah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah
siswa SMA pada konsep biologi di Kabupaten Demak Jawa Tengah memiliki frekuensi
siswa yang memiliki kemampuan kategori “Sangat Tinggi” yaitu 51%, frekuensi
kategori “Tinggi” yaitu 25%, frekuensi kategori “Cukup” yaitu 11%, frekuensi kategori
“Kurang” yaitu 9%, dan frekuensi kategori “Sangat Kurang” yaitu 4%. Hasil analisis
pada setiap indikator kemampuan pemecahan masalah menunjukkan bahwa indikator
“memahami masalah” memiliki nilai rata-rata tertinggi yaitu (77,8) sedangkan pada
indikator “menyusun rencana penyelesaian masalah” memiliki nilai rata-rata terendah
yaitu (67,8).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola kemampuan
pemecahan masalah siswa SMA pada konsep biologi di Kabupaten Demak Jawa
Tengah termasuk dalam kategori “Tinggi”. Terdapat variasi kemampuan pemecahan
masalah pada siswa, serta terdapat variasi skor masing-masing individu.Hal ini dapat
diartikan bahwa sebagian besar siswa sudah mampu memahami kemampuan pemecahan
masalah, hal ini diharapkan agar dapat dipertahankan dan dikembangkan agar mampu
mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Pola, kemampuan pemecahan masalah, siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:26
Last Modified: 15 Oct 2024 04:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5455

Actions (login required)

View Item
View Item