PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA KELAS IV SDN 01 PANINGGARAN

AFIANIDA, AFIFI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA KELAS IV SDN 01 PANINGGARAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of AFIFI AFIANIDA 17120074.pdf] Text
AFIFI AFIANIDA 17120074.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

AFIFI AFIANIDA. NPM 17120074. “Pengembangan Media E-Modul
Pada Tema Kayanya Negeriku Subtema Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia
Kelas IV SDN 01 Paninggaran”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2021. Pembimbing I Ibu Fine Reffiane, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II
Bapak Henry Januar S, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan observasi awal berupa
wawancara yang dilakukan peneliti terhadap salah satu tenaga pendidik di SDN
01 Paninggaran menuturkan bahwa pembelajaran yang sebelumnya belum pernah
menggunakan E-Modul dalam pembelajaran, terutama apabila pada saat
pembelajaran daring diterapkan. Selain itu, dewasa ini perlu melakukan inovasi
pembelajaran dalam proses pembentukan kompetensi peserta didik yang
berorientasi pada kecakapan pembelajaran abad ke -21, dengan berbagi proses
pembelajaran yang menekankan pada higher order thinking skill, berbasis pada
teknologi digital, teknologi informasi dan komunikasi dan penguatan pendidikan
karakter menggunakan kurikulum yang telah diselaraskan menggunakan
kebutuhan kompetensi.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research
and Development (R&D) dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh
Sugiyono dengan menggunakan 7 tahap penelitian yaitu 1) Identifikasi potensi
dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5)
Revisi desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk. Dari langkah tersebut
dihasilkan sebuah produk pengembangan media E-Modul.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk memenuhi kriteria valid,
dan terdapat pula respon dari peserta didik. Produk memenuhi kriteria valid
ditunjukkan dari persentase uji validasi ahli materi dan media, ahli materi 1
mencapai persentase 75%, ahli materi II dan III mencapai sebesar 80%.
Persentase ahli media I sebesar 75,83%, ahli media II sebesar 88,33%, dan ahli
media III sebesar 76,66%, Produk mendapat respon dari peserta didik dengan
memperoleh skor keseluruhan sebesar 87,30%.
Berdasarkan penelitian ini, saran yang disampaikan adalah supaya media
pembelajaran E-Modul dapat menjadi salah satu pilihan media pembelajaran
yang digunakan guru dalam melakukan pembelajaran pada subtema kekayaan
sumber energi di Indonesia kelas IV Sekolah Dasar. Media pembelajaran E-
Modul dapat digunakan menjadi refrensi media pembelajaran yang baru oleh
penelitian-penelitian selanjutnya.
Kata kunci: Media, E-Modul, Sumber Energi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:07
Last Modified: 15 Oct 2024 04:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5443

Actions (login required)

View Item
View Item